Jangan Mengira Allah Lalai atas Perbuatan Orang-Orang Dzalim !

Jangan Mengira Allah Lalai atas Perbuatan Orang-Orang Dzalim !

khazanahalquran.com –

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ ۚ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ * مُهْطِعِينَ مُقْنِعِي رُءُوسِهِمْ لَا يَرْتَدُّ إِلَيْهِمْ طَرْفُهُمْ ۖ وَأَفْئِدَتُهُمْ هَوَاءٌ

Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak. mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mangangkat kepalanya, sedang mata mereka tidak berkedip dan hati mereka kosong. (QS.Ibrahim:42-43)

Ayat ini adalah ancaman dan peringatan, namun  menjadi obat bagi hati orang-orang yang teraniaya. Serta penghibur bagi hati yang terluka.

Berapa banyak hati yang menjadi tenang dan tegar setelah membaca ayat ini? Kemudian ia menjadi yakin bahwa hak-haknya tidak akan hilang sia-sia dan suatu saat ia merebut hak itu dari orang-orang dzalim yang merampasnya.

Mungkin orang-orang dzalim itu lolos dari adzab di dunia tapi mereka tak akan mampu lolos dari Mahkamah Allah swt. Tidak ada yang bisa lari dan tidak satupun perbuatan yang tertutupi. Hari perhitungan dan hari pembalasan sedang menanti, disaat yang teraniaya akan merebut kembali haknya dan yang terbunuh akan meminta pertanggung jawaban dari pembunuhnya.

الْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ ۚ لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

“Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS.al-Mukmin:17)

Allah masih memberi waktu kepada orang-orang dzalim untuk bernafas lega hingga datang saatnya hari pembalasan dan mata mereka terbelalak melihat adzab yang begitu dahsyat.

“Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak.”

Mereka begitu ketakutan sehingga mata mereka tidak berkedip sama sekali. Mereka pun bergegas memenuhi panggilan Tuhannya dengan penuh kehinaan. Ketakutan yang dahsyat membuat hati mereka kosong dan tidak perhatian apa yang terjadi disekitarnya.

“Mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mangangkat kepalanya, sedang mata mereka tidak berkedip dan hati mereka kosong.”

Begitu dahsyatnya gambaran Al-Qur’an hingga seakan kita melihat langsung apa yang terjadi dihadapan kita.

Karena itu, renungkan ayat ini dihadapan para penguasa dzalim, para perampas hak dan para pelaku teror yang menumpahkan darah orang-orang baik, membunuh anak-anak mereka dan menawan para wanita. Bacalah ayat ini dihadapan manusia-manusia bengis yang menghancurkan rumah serta tempat ibadah.

Tenangkan hati dan yakinilah bahwa Allah berada diatas orang-orang yang dzalim, sementara adzab yang dahsyat juga sedang menanti mereka . Kelak pada waktunya, orang-orang yang teraniaya akan tersenyum sementara kesombongan orang yang dzalim telah mengantarkan mereka pada kehinaan yang abadi.

فَالْيَوْمَ الَّذِينَ آمَنُوا مِنَ الْكُفَّارِ يَضْحَكُونَ * عَلَى الْأَرَائِكِ يَنْظُرُونَ

“Maka pada hari ini, orang-orang yang beriman menertawakan orang-orang kafir, mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang.” (QS.al-Muthaffifin:34-35)

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain