Jangan Mengandalkan Apapun Selain-Nya !

khazanahalquran.com – Setiap orang yang mengharap sesuatu dari selain Allah, pasti akan kecewa.

Setiap orang yang mencari kemuliaan dari selain Allah, pasti akan terhina.

Setiap orang yang berharap kemenangan dari selain Allah, pasti akan mendapatkan kekalahan.

Ketika menceritakan orang-orang yang mencari kemuliaan dari selain Allah, justru mereka akan hancur dari sesuatu yang mereka harapkan.

Allah swt berfirman,

وَاتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ آلِهَةً لِيَكُونُوا لَهُمْ عِزًّا – كَلَّا ۚ سَيَكْفُرُونَ بِعِبَادَتِهِمْ وَيَكُونُونَ عَلَيْهِمْ ضِدًّا

“Dan mereka telah memilih tuhan-tuhan selain Allah, agar tuhan-tuhan itu menjadi pelindung bagi mereka. Sama sekali tidak! Kelak mereka (sesembahan) itu akan mengingkari penyembahan mereka terhadapnya, dan akan menjadi musuh bagi mereka.” (QS.Maryam:81-82)

إِنَّهُمْ لَنْ يُغْنُوا عَنْكَ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا

“Sungguh, mereka tidak akan dapat menghindarkan engkau sedikit pun dari (azab) Allah.” (QS.Al-Jatsiyah:19)

Siapapun orangnya, sebesar apapun kekuatannya dan setinggi apapun jabatannya tidak akan mampu memberi sesuatu kepada kita.

Itulah jika kita berharap kepada selain Allah. Berharap kepada penguasa, orang kuat ataupun orang kaya, pasti pada akhirnya akan kecewa. Bahkan bila kita mengandalkan diri sendiri dan merasa bangga dengan kemampuan kita, justru pada akhirnya kita akan kalah dan terhina.

Seperti hikmah dari perang Hunain yang Allah abadikan didalam Al-Qur’an, bahwa banyaknya bilangan dan kuatnya persenjataan terkadang membuat kita bangga diri dan merasa kuat. Dalam beberapa riwayat disebutkan salah seorang dari mereka sampai ada yg berteriak,

لَنْ نُغْلَب اليَوْم مِنْ قِلَّة

“Kita tidak akan pernah dikalahkan lagi krn sedikitnya bilangan.”

Mereka telah yakin dengan jumlah pasukan yang banyak semacam ini tidak mungkin dapat dikalalahkan, namun nyatanya banyaknya pasukan tak mampu memberi hasil yang berarti.

وَيَوْمَ حُنَيْنٍ ۙ إِذْ أَعْجَبَتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنْكُمْ شَيْئًا

“Dan (ingatlah) Perang Hunain, ketika jumlahmu yang besar itu membanggakan kamu, tetapi (jumlah yang banyak itu) sama sekali tidak berguna bagimu.” (QS.At-Taubah:25)

Kesimpulan dari ayat diatas, kita boleh dan dizinkan untuk melakukan lobi, mencari jalan dan berusaha untuk meraih sesuatu, tapi jangan mengandalkan apapun kecuali hanya mengandalkan kekuasaan Allah swt.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY