Jangan Lupakan Kebaikan Orang Lain !

khazanahalquran.com – Tiada satu pun manusia yang tidak butuh kepada orang lain. Manusia tak bisa hidup sendiri, selalu ada hubungan timbal balik diantara mereka. Saling membantu, saling memberi manfaat dan saling bekerja sama.

Karena itu siapa yang terdepan dalam berbagi kebaikan, yang paling sigap membantu orang yang kesusahan dan paling semangat dalam menyelesaikan masalah saudaranya, ia adalah manusia yang paling dicintai Allah dan Rasul-Nya.

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Syariat mengajarkan kepada orang-orang yang punya kelebihan untuk berbagi kepada sesamanya. Dan Allah pun menjanjikan pahala yang besar bagi mereka. Namun Islam juga menekankan kepada si penerima untuk bersyukur atau berterima kasih kepada orang yang memberi, bahkan juga membalas kebaikan itu bila ia mampu.

Sehingga jangan heran bila tanda seorang yang bersyukur kepada Allah adalah mereka yang pandai bersyukur (berterima kasih) dan membalas jasa manusia.

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ النَّاسَ لَمْ يَشْكُرِ اللهَ

“Siapa yang belum mensyukuri manusia, ia belum bersyukur kepada Allah.”

Allah swt berfirman,

وَلَا تَنْسَوُا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Dan janganlah kamu lupa kebaikan di antara kamu. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.(QS.Al-Baqarah:237)

Ayat ini menekankan kepada kita untuk tidak melupakan kebaikan orang lain. Sementara si pemberi tidak boleh merasa kebaikannya begitu besar sehingga layak untuk dibalas dengan ucapan terima kasih. Segera lupakan kebaikan yang pernah kita berikan, karena mengungkit kebaikan itu bisa menjadi penyebab hangusnya pahala-pahala kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima).” (QS.Al-Baqarah:264)

Lupakan kebaikan yang pernah kita lakukan tapi jangan pernah melupakan kebaikan orang lain kepada kita.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY