Jangan Kau Beli Kerelaan Manusia dengan Kemarahan Pencipta !

Jangan Kau Beli Kerelaan Manusia dengan Kemarahan Pencipta !

khazanahalquran.com – Tidak ada yang lebih mahal dari Kerelaan Allah. Tidak ada pembanding yang sepadan dengannya. Tidak ada harga yang layak untuk menjualnya, walau dunia dan seisinya menjadi taruhannya.

Bahkan dalam banyak ayat Al-Qur’an selalu Allah selipkan agar semua perbuatan kita diniatkan hanya untuk meraih keridhoan-Nya.

وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

“Dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.” (QS.An-Naml:19)

Jangankan kenikmatan dunia, bahkan kenikmatan akhirat pun tidak sebanding dengan kerelaan Allah swt.

وَعَدَ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللَّهِ أَكْبَرُ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung.” (QS.At-Taubah:72)

Dan tahukah anda siapa orang yang paling merugi dalam hidupnya?

Dia lah yang menukar kerelaan Allah demi kerelaan manusia.

Dia lah yang membeli kerelaan manusia dengan kemarahan Allah swt.

Dia lah yang mengabaikan pandangan Allah dan mementingkan pandangan manusia terhadapnya.

Maka ketahuilah, ketika seseorang lebih menjaga kerelaan manusia daripada kerelaan Allah maka ia benar-benar terjerumus dalam kemunafikan.

يَحْلِفُونَ بِاللَّهِ لَكُمْ لِيُرْضُوكُمْ وَاللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَقُّ أَنْ يُرْضُوهُ إِنْ كَانُوا مُؤْمِنِينَ

“Mereka bersumpah kepadamu dengan (nama) Allah untuk menyenangkan kamu, padahal Allah dan Rasul-Nya lebih pantas mereka mencari keridhaan-Nya jika mereka orang mukmin.” (QS.At-Taubah:62)

Seorang lelaki mengirim surat kepada Sayyidina Husain bin Ali, dia berkata :

“Tuanku, kabarkan kepadaku tentang sebaik-baik dunia dan akhirat.”

Sayyidina Husain menjawab,

“Bismillahirrahmanirrahim, amma ba’du.

Sesungguhnya siapa yang mencari keridhoan Allah dengan mengabaikan kerelaan manusia maka Allah akan mencukupi semua urusannya.

Dan siapa yang mencari kerelaan manusia dengan kemarahan Allah maka Allah akan menyerahkan segala urusannya kepada orang tersebut. Wassalam.”

Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain