Jalan Terbaik Untuk Mengenal Allah swt

Khazanahalquran.com – Kalimat (وَمِنْ آيَاتِهِ) Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya, diulang sebanyak 11 kali dalam Al-Qur’an. Dan 7 bagian darinya terdapat dalam Surat Ar-Rum.

Kali ini kita akan memulai mengupas ayat-ayat yang membicarakan tentang tanda-tanda Kekuasaan Allah swt. Dan ayat pertama yang akan kita kaji adalah,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ إِذَا أَنتُم بَشَرٌ تَنتَشِرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.(QS.ar-Rum:20)

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Jalan terbaik untuk mengenal Allah adalah dengan berpikir tentang ciptaan-Nya. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya.”

2. Tanda-tanda yang menunjukkan Keberadaan Allah swt tak terhitung jumlahnya. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya.”

3. Manusia adalah ciptaan utama dari ciptaan Allah yang lain. Karena itulah tanda-tanda Kekuasaan Allah dimulai dengan penciptaan manusia. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah.”

4. Mengenal diri adalah langkah pertama untuk mengenal Allah swt. “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia Menciptakan kamu dari tanah.”

5. Setiap manusia tercipta dari tanah, maka tak pantas jika ia ingin sombong dan bangga diri. “Dia Menciptakan kamu dari tanah.”

6. Sekilas kita melihat tanah itu tidak bergerak dan tidak hidup. Namun didalam diri manusia (yang tercipta dari tanah itu) disisipkan ruh yang membuatnya hidup. Dan fenomena ini adalah tanda keagungan Allah Yang Maha Kuasa. “Dia Menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.”

Semoga bermanfaat !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain