Jadikan Akhirat Sebagai Penentu Langkahmu di Dunia !

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan merenungkan firman Allah swt yang berbunyi,

انْظُرْ كَيْفَ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ وَلَلْآخِرَةُ أَكْبَرُ دَرَجَاتٍ وَأَكْبَرُ تَفْضِيلًا

“Perhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan akhirat lebih tinggi derajatnya dan lebih besar keutamaan.” (QS.Al-Isra’:21)

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

“Dan sungguh, yang kemudian (akhirat) itu lebih baik bagimu dari yang permulaan (dunia).” (QS.Adh-Dhuhaa:4)

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

“Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.” (QS.Al-A’la:17)

Ayat ini tidak hanya ingin menjelaskan bahwa akhirat lebih baik dan lebih mulia. Namun sebenarnya ayat ini adalah salah satu ayat yang harus menjadi pegangan hidup kita.

Ketika dihadapkan pada urusan dunia, kita harus pandai berhitung apakah urusan ini juga memberi keuntungan di akhirat?

Ketika kita berbisnis dan membayangkan keuntungan yang akan diraih, kita juga harus memikirkan berapa besar keuntungan bisnis ini untuk akhirat kita.

Ketika kita dihadapkan pada apapun di dunia ini. Mulai dari pekerjaan, jabatan, memilih pasangan ataupun selainnya, selama hal itu juga menguntungkan akhirat kita maka ambillah. Namun bila merugikan dan merusak akhirat kita, maka hentikan langkah kita dan tinggalkan jauh-jauh.

Mengapa kita harus menjadikan akhirat sebagai penentu langkah kita di dunia?

Setiap manusia ingin meraih keuntungan sebesar-besarnya dalam hidupnya. Tidak ada seorang pun yang ingin merugi. Karena itu Al-Qur’an ingin kita berhitung dan berpikir dengan logika. Jika akhirat itu lebih baik dan lebih mahal harganya, mengapa kita rela merusaknya hanya demi keuntungan duniawi yang sementara?

Karen itu jadikan prinsip hidup kita adalah “akhirat lebih mulia dan lebih utama”. Karena masa depan kita di akhirat akan hancur disaat kita lebih mementingkan dunia.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY