Islam Dihadapan Perkembangan Zaman

Islam Dihadapan Perkembangan Zaman

khazanahalquran.com – Zaman terus berkembang, waktu terus berputar dan kondisi terus berubah-ubah.

Manusia hari ini jauh berbeda dengan manusia abad sebelumnya. Teknologi tak bisa dibendung dan  terus memunculkan hal-hal yang baru.

Sementara agama ini diajarkan sejak 14 abad yang lalu. Lalu bagaimana Islam mampu mengikuti perkembangan zaman?

Allah swt berfirman,

مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ

“Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab.” (QS.Al-An’am:38)

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim).” (QS.An-Nahl:89)

Ya, Islam hadir sejak 14 abad yang lalu, tapi tidak ada syariat yang mencakup segala sisi kehidupan selengkap syariat Islam. Agama ini tidak hanya mengajarkan ritual, dzikir dan hubungan manusia dengan Tuhannya saja, bahkan ia mengatur semua hak-hak dan kewajiban personal ataupun masyarakat.

Syariat Islam juga memberi langkah serta solusi dalam setiap problem manusia. Maka tidak heran jika sistem yang begitu sempurna ini menarik perhatian para tokoh dan pemikir dunia, bahkan dari kalangan non muslim sekalipun.

Mereka berkomentar bahwa Islam adalah sistem terbaik yang memberi jalan keluar bagi setiap urusan manusia. Agama ini adalah agama kebebasan dan satu-satunya agama yang berlaku pada berbagai kondisi yang berbeda dalam sisi-sisi kehidupan.

Karena itu, hari ini kita melihat bahwa para pemuda mulai mencari tahu bagaimana sistem Islam mampu mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah, dan kemampuannya dalam mengarahkan manusia menuju kesejahteraan dan kebahagiaan.

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain