Khazanahalquran.com – Ada seorang kaya raya, tapi hidupnya terasa sempit dan penuh kegelisahan. Ada seorang miskin, tapi hidupnya terasa lapang dan penuh dengan senyuman. Sebenarnya, apa penyebab sempit dan lapangnya hidup seseorang?

Allah swt Berfirman,

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكاً وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan Mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.” (QS.Thaha:124)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah, karena itu seluruh nabi dan agama samawi selalu mengingatkan manusia untuk beribadah kepada-Nya. “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku.”

Dan tugas utama para nabi tak lain adalah memberi peringatan.

فَذَكِّرْ إِنَّمَا أَنتَ مُذَكِّرٌ

“Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya engkau (Muhammad) hanyalah pemberi peringatan.” (QS.al-Ghasyiyah:21)

2. Berpaling dari peringatan Allah akan menyebabkan kebimbangan, kegelisahan, kerugian dan penyesalan. Walaupun ia sedang bergelimang kekayaan dan harta. “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit..”

3. Urusan-urusan spriritual sangat berpengaruh dalam kehidupan kita di dunia. “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit..”

4. Siapa yang jiwanya gelap di dunia ini maka ia akan dibangkitkan dalam keadaan buta. “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku…. dan Kami akan Mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.”

5. Tidak adanya iman kepada Allah pasti akan menyebabkan kesulitan di dunia ini. Dan kelak akan diharamkan untuk melihat kenikmatan di akhirat nanti. “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit. Dan Kami akan Mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.”

Semoga kita tidak tergolong sebagai manusia yang menutup telinga dari peringatan Allah swt. Dan semoga Allah Membangkitkan kita bersama kekasih-Nya dalam keadaan mata yang melihat.

Komentar

LEAVE A REPLY