Inikah Tujuan dari Dunia yang Segera Sirna ini?

Khazanahalquran.com – Tidak ada yang abadi di dunia ini. Segalanya hanya sementara. Generasi baru terlahir sementara orang tua mereka perlahan menuju kematian. Harta akan habis, kedudukan perlahan sirna dan setiap manusia menanti waktu habisnya umur mereka.

Tidakkah kita bertanya apa tujuan diciptakannya kehidupan yang serba sementara ini?

Jika kita menengok pada Al-Qur’an, Allah swt berfirman,

وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.” (QS.al-Anbiya’:35)

Ayat ini ingin mengingatkan bahwa rumah asli kita bukanlah disini. Suatu saat kita akan pulang dan kembali ke rumah yang sebenarnya. Dan dunia tempat kita berpijak sekarang hanyalah tempat ujian untuk menentukan nasib kita di akhirat.

Kelak, setelah kita menjalani berbagai ujian di dunia kita akan menuai hasil dari segala perbuatan kita di akhirat. Maka jangan anggap sesuatu yang kita miliki di dunia adalah milik kita, karena cepat atau lambat semua itu akan habis. Entah benda itu yang meninggalkan kita atau kita yang meninggalkannya.

Perbanyaklah menabung untuk kehidupan selanjutnya, karena disanalah semua yang kita miliki akan berarti. Fokuslah selalu bahwa kita masih di ruang ujian agar mampu menyelesaikannya dengan baik dan meraih hasil yg paling optimal.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY