Ingin Selamat? Berpikirlah Sebelum Berbuat !

Ingin Selamat? Berpikirlah Sebelum Berbuat !

khazanahalquran.com – Hiduplah sesukamu, lakukan apapun semaumu tapi ingat semua yang kau lakukan akan dimintai pertanggung jawaban.

Dunia ini bagai supermarket, silahkan ambil semua yang kau inginkan namun ingatlah bahwa kasir telah menanti di pintu keluar untuk menghitung apa saja yang kau pilih.

Perjuangkan segala sesuatu yang ingin kau raih di dunia ini, namun ingatlah pada akhirnya kau akan meninggalkan dunia yang kau cari ini tanpa membawa apapun, seperti pertama kali kau dilahirkan.

Lakukan semua yang kau inginkan, tapi ingatlah kelak kau tidak memiliki kawan di alam kuburmu kecuali amal sholeh yang akan menemanimu.

Maka berhati-hatilah dalam mencari kawan karena kelak di hari pembalasan, ada sekelompok orang yang terjerumus dalam neraka, lalu ia mencari teman di masa hidupnya di dunia. Namun sayang, ia tak menemukan kawan-kawannya. Karena ternyata, setelah ia meninggal, kawan-kawannya bertaubat dan berubah menjadi orang-orang baik lalu berhak meraih surga-Nya.

Orang-orang semacam ini hanya bisa menjerit penuh penyesalan,

يَا وَيْلَتَىٰ لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا

“Wahai, celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku).” (QS.Al-Furqan:28)

Karena itu, pikirkan segala sesuatu yang akan kau lakukan. Renungkan jalan yang akan kau pilih. Karena penyesalanmu tak akan mampu mengulang waktu.

Rasulullah saw pernah dimintai wasiat oleh seseorang. Setelah berkali-kali Rasul bertanya, “Apakah kau benar-benar akan menjalankannya?”

Lelaki itu menjawab, “Ya, aku benar-benar akan menjalankannya wahai Rasulullah..”

Beliau pun berpesan, “Jika engkau ingin melakukan sesuatu, pikirkan akibatnya. Jika baik lakukanlah, jika tidak maka berhentilah.”

Inilah salah satu pegangan yang harus selalu kita ingat dalam menjalani kehidupan didunia. Karena kita tidak akan selamat bila tidak berpikir sebelum bertindak.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 129 pelanggan lain