Ingatlah, Allah Mampu Mengembalikan Kesulitanmu dalam Sekejap !

Ingatlah, Allah Mampu Mengembalikan Kesulitanmu dalam Sekejap !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

‎وَإِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَن تَدْعُونَ إِلَّا إِيَّاهُ ۖ فَلَمَّا نَجَّاكُمْ إِلَى الْبَرِّ أَعْرَضْتُمْ ۚ وَكَانَ الْإِنسَانُ كَفُورًا

Dan apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilanglah siapa yang kamu seru kecuali Dia, Maka tatkala Dia menyelamatkan kamu ke daratan, kamu berpaling. Dan manusia itu adalah selalu tidak berterima kasih.

‎أَفَأَمِنتُمْ أَن يَخْسِفَ بِكُمْ جَانِبَ الْبَرِّ أَوْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِبًا ثُمَّ لَا تَجِدُوا لَكُمْ وَكِيلًا

Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindungpun bagi kamu.

‎أَمْ أَمِنتُمْ أَن يُعِيدَكُمْ فِيهِ تَارَةً أُخْرَىٰ فَيُرْسِلَ عَلَيْكُمْ قَاصِفًا مِّنَ الرِّيحِ فَيُغْرِقَكُم بِمَا كَفَرْتُمْ ۙ ثُمَّ لَا تَجِدُوا لَكُمْ عَلَيْنَا بِهِ تَبِيعًا

atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami. (QS.Al-Isra’:67-69)

Begitulah manusia ! Ketika semua jalan telah tertutup dan tidak ada lagi yang mampu menolongnya, ia akan bersimpuh dihadapan Tuhannya untuk memohon agar Allah menolong dan menyelesaikan masalah yang menimpanya. Lisannya tak pernah lepas dari doa, malam ia habiskan untuk memohon dan meminta, segala kebaikan ia lakukan demi selamat dari bahaya. Namun sayang, ketika masalah telah tuntas, ia kembali seperti semula. Lupa dan lalai kepada yang menyelesaikan musibahnya.

أَمْ أَمِنتُمْ أَن يُعِيدَكُمْ فِيهِ تَارَةً أُخْرَىٰ

“Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi.” (QS.Al-Isra’:69)

Ketika Allah telah membukakan pintu jalan keluar, atau menyelamatkan kita dari kondisi yang amat sulit, hendaknya kita bersyukur dan tidak melupakan kebaikan-Nya.

Ayat ini adalah tamparan bagi mereka yang melupakan Allah dalam sekejap, setelah semua masalahnya selesai. Tidakkah kita tahu bahwa Allah mampu mengembalikan segala kesulitan itu dalam sekejap pula?

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain