Hikmah dan Pelajaran dari Kapal Nabi Nuh as

Khazanahalquran.com –Kali ini kita akan mengambil pelajaran dari kisah Nabi Nuh as dan kapal besarnya. Allah swt Berfirman,

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, “Segala puji bagi Allah yang telah Menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim.” (QS.al-Mukminun:28)

 

Dan pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Jauh dari orang-orang dzalim dan terlepas dari kekuasaan mereka adalah salah satu nikmat dari nikmat-nikmat Allah swt. Segala puji bagi Allah yang telah Menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim..”

2. Kita diharuskan untuk selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat-Nya. “Segala puji bagi Allah yang telah Menyelamatkan kami..”

3. Sebaik-baik bentuk perkataan untuk bersyukur adalah dengan mengucap kalimat yang pernuh berkah yaitu Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah…”

4. Jangan bersyukur kepada Allah atas hancurnya orang lain, tapi bersyukurlah atas keselamatan kita. Karena ayat ini menggunakan kalimat Segala puji bagi Allah yang telah Menyelamatkan kami..” bukan dengan kalimat syukur atas “kehancuran mereka..”

5. Dalam ayat ini, memang kapal adalah perantara untuk selamat. Namun tetap semua keselamatan itu dari Allah swt. Allah yang telah Menyelamatkan kami…”

Semoga bermanfaat !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 147 pelanggan lain