Trading Patience - Time

Hanya Orang Sabar yang Perbuatannya Kekal !

Khazanahalquran.com – Allah SWT berfirman,

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ ۖ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ بَاقٍ ۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.an-Nahl:96)

Ayat ini menunjukkan bahwa segala sesuatu selain Allah akan hancur dan selesai. Semua yang kita miliki akan hilang, entah kita yang meninggalkannya atau kita yang ditinggalkan. Yang kekal hanya Allah dan yang dikekalkan oleh Allah.

كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ

“Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah.” (QS.al-Qashas:88)

Tapi anehnya, setelah berbicara tentang tiada sesuatu yang kekal kecuali Allah, ayat ini diakhiri dengan informasi tentang sebaik-baik balasan yang akan diterima oleh orang-orang yang sabar.

Apa hikmah dibaliknya?

Ayat ini ingin mengajarkan bahwa dalam menghadapi kehidupan yang penuh rayuan ini, sering orang tertipu dan lupa bahwa semua yang ia miliki akan habis dan dunia ini pun akan sirna. Hanya orang-orang sabar lah yang mampu bertahan melawan godaan dan rayuannya.

Orang-orang sabar itu punya kekuatan untuk melewati segala cobaan dan rintangan dunia, sehingga ia tidak akan mengorbankan sesuatu yang kekal demi hal-hal yang sementara.

Semua yang dimiliki orang yang sabar akan kekal di sisi-Nya. Karena mereka rela memberikan semua yang ia miliki untuk Allah, dan ia pun menyerahkan segala urusan yang ia hadapi hanya kepada-Nya.

Maka jangan heran jika di akhirat kelak semua pahala memiliki batas dan bilangan, kecuali pahalanya orang-orang yang sabar.

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS.az-Zumar:10)

Sayyidina Ali bin Abi Tholib berkata,

Perbedaan besar antara dua perbuatan :
1. Perbuatan yang habis kenikmatannya lalu kekal akibatnya.
2. Perbuatan yang habis kesulitannya dan kekal pahalanya.

وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

“Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (QS.al-A’la:17)

Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar.

Komentar

LEAVE A REPLY