Hanya Dirimu yang Bisa Menentukan Pilihanmu !

khazanahalquran.com – Kita meyakini bahwa tidak ada yang terjadi di alam ini kecuali atas kehendak Allah. Tetapi Allah memberi manusia kebebasan untuk memilih. Manusia menentukan pilihan lalu Allah akan menyertai pilihan itu dengan bantuan dan izin-Nya.

Jika bukan dari diri kita sendiri yang menentukan dan memilih, maka tidak ada kekuatan apapun yang mampu memaksa kita untuk mengambil sikap.

Istri Fir’aun dalam genggaman manusia yang paling keji dan paling mengingkari Allah. Tapi karena pilihannya, wanita ini menjadi orang yang beriman kepada Allah dan mengecam semua kejahatan Fir’aun.

Istri Nabi Nuh dan Nabi Luth, dibawah naungan utusan-utusan Ilahi. Yang setiap saatnya membawa wahyu dan misi dari Allah. Tapi kedua wanita ini menentukan pilihan lain, mereka pun memilih jalan kesesatan.

Tukang-tukang sihir Fir’aun yang awalnya menjilat Fir’aun untuk memberikan sesuatu yang besar jika bisa menang dihadapan Nabi Musa, tiba-tiba mereka berbalik 180° ketika melihat kebenaran yang dibawa Nabi Musa. Mereka pun menentukan sikap untuk beriman kepada Allah.

فَأُلْقِيَ السَّحَرَةُ سُجَّدًا قَالُوا آمَنَّا بِرَبِّ هَارُونَ وَمُوسَىٰ

Lalu para pesihir itu merunduk bersujud, seraya berkata, “Kami telah percaya kepada Tuhannya Harun dan Musa.” (QS.Tha-Ha:70)

Ratu Balqis memiliki kekuasaan yang dahsyat di Negeri Saba’, namun ketika melihat kebenaran yang dibawa Nabi Sulaiman, ia melupakan semua kekuasaannya dan memilih untuk beriman kepada Nabi Sulaiman.

قَالَتْ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي وَأَسْلَمْتُ مَعَ سُلَيْمَانَ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Dia (Balqis) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh, aku telah berbuat zhalim terhadap diriku. Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS.An-Naml:44)

Karena itu hanya anda yang dapat merubah diri anda ! Semua memang terjadi karena bantuan Allah namun Allah telah memberi ketentuan bahwa ketentuan-Nya dimulai dari pilihanmu !

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. (QS.Ar-Ra’d:11)

Maka pilihlah sesuatu yang terbaik ! Lalu pasrahkan semuanya kepada Allah swt.

Semoga bermanfaat..

Komentar

LEAVE A REPLY