Fakta-Fakta tentang Puasa

Fakta-Fakta tentang Puasa

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah:183)

Kita patut bersyukur bahwa hari ini kita masih diberi kesempatan untuk bernafas dibulan suci Ramadhan. Yang tarikan nafasnya dihitung sebagai tasbih dan seluruh amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya.

Kali ini kita akan menyebutkan beberapa fakta mengenai puasa.

1. Pengaruh paling penting dari ibadah puasa adalah meningkatkan ketakwaan dan rasa takut kepada Allah swt. Jika dengan berpuasa tidak ada peningkatan takwa kita dan penurunan maksiat dari diri kita, pasti ada masalah dengan puasa kita.

2. Puasa adalah satu-satunya ibadah yang dirahasiakan pahalanya. Adapun solat, zakat, haji dan jihad misalnya, dapat kita temukan informasi tentang pahalanya. Namun ibadab puasa ini berbeda karena pahalanya disembunyikan.

3. Puasa sangat mempengaruhi kemampuan manusia untuk mengendalikan dirinya. Seorang yang mengendalikan diri selama sebulan dengan tidak makan, tidak minum dan menahan dari berbuat maksiat akan memiliki kemampuan yang lebih untuk tidak memakan hak orang lain.

4. Puasa menguatkan kepekaan kita pada kondisi sekitar. Karena seseorang yang merasakan lapar selama sebulan penuh akan merasakan derita orang-orang yang kelaparan dan cenderung untuk membantu mereka.

Rasulullah saw bersabda, “Puasa adalah setengah dari kesabaran.”

5. Puasa terbagi menjadi tiga,

– Puasanya orang awam adalah menahan diri dari makan dan minum diwaktu siang hari.

– Puasanya orang khusus adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan ditambah dengan menahan diri dari dosa-dosa.

– Puasanya orang yang lebih khusus adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan, dari dosa-dosa serta mengosongkan hati dari selain Allah swt.

6. Puasa menjadikan manusia mirip seperti malaikat. Karena malaikat itu tidak makan, tidak minum dan tidak memiliki syahwat.

Semoga Allah menerima amal-amal kita dibulan ini dan menjadikan kita lulus dari bulan ini dengan kemenangan yang sejati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain