Efek Mistis dari Keburukan dan Kebaikan

Efek Mistis dari Keburukan dan Kebaikan

khazanahalquran.com – Allah swt Berfirman,

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS.Ar-Rum:41)

Kebaikan tidak hanya berpengaruh pada hal-hal alami di dunia ini. Seperti contoh mengeluarkan zakat atau sedekah dengan aturan yang benar dan konsisten mampu mengikis kemiskinan pada masyarakat.

Namun ternyata kebaikan juga memiliki efek mistis yang tidak dapat kita pahami. Seperti contoh ibadah atau sedekah memeliki efek “menjauhkan pelakunya dari berbagai bala’ dan musibah”.

Dalam sebuah ayat, Allah swt berfirman,

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS.Al-A’raf:96)

Dalam beberapa ayat lain Allah juga menjelaskan bahwa kebaikan-kebaikan yang kita lakukan mampu mencegah keburukan yang akan menimpa kita bahkan juga menghapus dosa-dosa yang lalu.

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

“Dan laksanakanlah shalat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).” (QS.Hud:114)

Kebaikan seperti solat, selain mencegah kita untuk berbuat buruk juga menghapus efek-efek keburukan yang lalu. Sehingga perlahan membersihkan hati yang penuh noda.

Karena pada kebaikan-kebaikan itu ada suatu aturan gaib antara kebaikan dan hasil yang akan kita dapatkan dari kebaikan tersebut.

Begitupula dengan keburukan. Selain memiliki efek-efek alami seperti “merusak atau mengganggu kehidupan masyarakat”. Seperti firman Allah swt,

 وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُم

“Dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang.” (QS.Al-Anfal:46)

Ternyata keburukan juga memiliki efek mistis yang tak dapat kita pahami. Yakni dibalik keburukan yang kita lakukan ada aturan Allah yang tersembunyi yang menjadikan efek keburukan itu akan kembali pada diri kita sendiri. Bukan hanya balasan di akhirat, tapi efek keburukan itu akan kita rasakan pula di dunia.

Allah swt berfirman,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

“Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS.asy-Syura:30)

فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا

“Maka itulah rumah-rumah mereka yang runtuh karena kezhaliman mereka.” (QS.An-Naml:52)

 فَأَهْلَكْنَاهُمْ بِذُنُوبِهِمْ

“Maka Kami membinasakan mereka disebabkan oleh dosa-dosanya.” (QS.Al-Anfal:54)

Nah, dari sini kita ambil sebuah poin bahwa kebaikan dan keburukan memiliki efek mistis diluar efek-efek alami yang tampak didepan mata.

Sayyidina Ali Ar-Ridho pernah berpesan,

“Setiap manusia melakukan perbuatan dosa yang tidak pernah mereka lakukan, Allah pun akan memberikan bala’ dari sesuatu yang belum pernah mereka ketahui.”

Rasulullah saw bersabda,

 دَاوُوا مَرضاكُمْ بِالصَّدقةِ

“Obati lah orang yang sakit diantara kalian dengan bersedekah.”

Semoga bermanfaat…

Komentar

Comments 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain