Dua Tipe Wanita Diluar Rumah !

khazanahalquran.com – Ketika kita keluar dari rumah, akan kita temui dua tipe wanita.

Pertama, wanita yang terkena penyakit yang menimpa Zulaikah, istri Al-Aziz (penguasa Mesir).

Tipe wanita seperti ini berusaha merias diri, berdandan, menggunakan parfum yang harum semerbak dan seakan ingin berkata, “Hai lelaki, mendekatlah padaku..”

Seperti perkataan Zulaikha kepada Yusuf yang diabadikan oleh Al-Qur’an,

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۚ

“Dan perempuan yang dia (Yusuf) tinggal di rumahnya menggoda dirinya. Dan dia menutup pintu-pintu, lalu berkata, “Marilah mendekat kepadaku.” (QS.Yusuf:23)

Tipe kedua adalah wanita yang menjaga kehormatan dengan hijab yang menutupi tubuhnya. Namun keadaan membuatnya harus keluar rumah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seperti kisah dua putri Nabi Syuaib yang harus mengambil air untuk ternak mereka, sementara mereka bersabar untuk menanti para lelaki pergi dari sumber tersebut.

قَالَتَا لَا نَسْقِي حَتَّىٰ يُصْدِرَ الرِّعَاءُ ۖ وَأَبُونَا شَيْخٌ كَبِيرٌ

“Kedua (perempuan) itu menjawab, “Kami tidak dapat memberi minum (ternak kami), sebelum penggembala-penggembala itu memulangkan (ternaknya), sedang ayah kami adalah orang tua yang telah lanjut usianya.” (QS.Al-Qashash:23)

Dengan dua tipe diatas, bagaimana kita menghadapi keduanya?

Dalam menghadapi tipe pertama, jadilah seperti Nabi Yusuf as dihadapan Zulaikha. Segeralah pergi sembari menundukan pandangan lalu katakanlah seperti yang dikatakan oleh Nabi Yusuf as,

قَالَ مَعَاذَ اللَّهِ

Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah” (QS.Yusuf:23)

Dan ketika menghadapi tipe yang kedua, jadilah seperti Nabi Musa as. Bantulah wanita yang sedang membutuhkan bantuan dengan akhlak dan etika lalu segeralah pergi.

فَسَقَىٰ لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّىٰ إِلَى الظِّلِّ

“Maka dia (Musa) memberi minum (ternak) kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh.” (QS.Al-Qashash:24)

Karena sesungguhnya :

* Kehormatan Yusuf mengantarkannya menjadi Penguasa Mesir.

* Dan kemurahan hati Musa mengantarkannya untuk mendapatkan istri sholihah dan tempat tinggal bagi beliau.

Semoga Allah memberi hidayah kepada para pemuda kita dan memberi anugerah berupa kehormatan dan penjagaan diri untuk para wanita kaum muslimin.

Komentar

LEAVE A REPLY