Dua Syarat Utama pada Masjid dan Tempat Kegiatan Keagamaan

Dua Syarat Utama pada Masjid dan Tempat Kegiatan Keagamaan

khazanahalquran.com – Masjid adalah sebuah markas atau tempat berkumpul bagi masyarakat muslim. Tidak semua masjid memenuhi syarat untuk disebut sebagai masjid, bahkan Al-Qur’an pernah melarang kaum muslimin untuk solat di salah satu masjid yang disebut masjid “dhiror”. (Yaitu masjid yang dibangun atau digunakan dengan tujuan provokasi dan memecah belah kaum muslimin).

Allah swt berfirman,

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS.at-Taubah:108)

Dari ayat ini, ada dua syarat untuk sebuah masjid yang disebutkan oleh Allah didalam Al-Qur’an, yaitu :

1. Tujuan dan dasar dibangunnya masjid tersebut adalah ketakwaan. Yakni sebagai tempat untuk meningkatkan spritualitas masyarakat, mempersatukan mereka dan bersih dari hal-hal yang menyimpang.

“Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama.”

2. Pemakmur masjid dan khususnya pengurus haruslah dari orang-orang yang bersih, ikhlas dan mukmin.

“Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri.”

Apabila ada satu syarat saja yang hilang dari kedua syarat ini maka keberadaan masjid itu tidak akan sampai pada tujuan yang sebenarnya. Bahkan bisa menjadi sarana untuk melemahkan kaum muslimin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain