Dua Penolong dalam Setiap Kesulitan

Khazanahalquran.com – Kehidupan tak pernah lepas dari masalah dan kesulitan. Sewaktu-waktu kita dituntut untuk menghadapi segala kesulitan tersebut dan berusaha untuk mengalahkannya.

Sang Pencipta sangat mengerti bahwa hamba-Nya begitu lemah. Maka Allah menyiapkan dua penolong untuk mengalahkan segala kesulitan yang dihadapi seorang hamba.

Salah satu penolong itu berasal dari dalam diri manusia dan yang satunya berasal dari luar.

Allah SWT berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (QS.al-Baqarah:45)

“Sabar” dan “Solat” adalah dua penolong yang diberikan kepada manusia untuk menghadapi segala kesulitan dunia.

Kesabaran adalah keteguhan hati dan tekad untuk tetap tabah dalam menghadapi setiap masalah. Dan solat adalah cara untuk menghubungkan kita dengan Yang Maha Kuat dan Maha Kuasa sehingga kita memiliki pegangan yang tak terkalahkan.

Dalam banyak riwayat, kesabaran dalam ayat ini ditafsirkan dengan “berpuasa”. Walaupun kesabaran itu tidak terbatas pada puasa saja, namun puasa adalah salah satu wujud dari kesabaran.

Riwayat menceritakan bahwa Nabi Muhammad saw ketika mendapatkan sesuatu yang menyedihkan hatinya, beliau segera mencari “bantuan” dengan berpuasa dan solat. Karena menghadap Allah dengan solat dan tunduk bersabar dengan puasa akan memberikan kekuatan baru bagi manusia untuk menghadapi kesulitan.

Seperti halnya Sayyidina Ali bin Abi Tholib as, ketika dikejutkan oleh sesuatu maka beliau segera melakukan solat dan membaca ayat.

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاة

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.”

Intinya, sabar dan solat memberikan energi baru bagi manusia untuk menghadapi segala kesulitan. Maka kesulitan apa yang tampak besar jika sandaran kita adalah Yang Maha Besar?

Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar dan menjadikan solat sebagai penolong kita sehari-hari.

Komentar

LEAVE A REPLY