Disaat Kita Memikul Beban Dosa Orang Lain !

Disaat Kita Memikul Beban Dosa Orang Lain !

Khazanahalquran.com – Ada satu ayat Al-Qur’an yang menarik untuk kita renungkan kali ini. Kita semua tahu bahwa setiap manusia akan memikul beban dosa mereka kelak di Hari Pembalasan. Namun ternyata, ayat dibawah ini menjelaskan bahwa ada kelompok manusia yang tidak hanya memikul dosanya tapi juga memikul dosa-dosa orang lain.

Allah SWT berfirman,

وَلَيَحْمِلُنَّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالًا مَعَ أَثْقَالِهِمْ ۖ وَلَيُسْأَلُنَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَمَّا كَانُوا يَفْتَرُونَ

“Dan sesungguhnya mereka akan memikul beban (dosa) mereka, dan beban-beban (dosa yang lain) di samping beban-beban mereka sendiri, dan sesungguhnya mereka akan ditanya pada hari kiamat tentang apa yang selalu mereka ada-adakan.” (QS.al-Ankabut:13)

Ayat ini ingin membuka kesadaran kita bahwa banyak perbuatan dosa yang memiliki efek berkepanjangan. Perbuatan itu tidak hanya berhenti pada diri kita tapi bisa saja merugikan atau mempengaruhi orang lain.

Berhati-hatilah dalam berbuat buruk dihadapan manusia karena bisa saja perbuatan itu menjadi motifasi bagi mereka untuk ikut berbuat buruk.

Berhati-hatilah dalam berucap karena bisa saja ucapan yang kita katakan menjadikan orang lain berbuat salah.

Berhati-hatilah dalam melangkah karena bisa saja langkah kita menjerumuskan orang lain dalam jurang kesesatan.

Berhati-hatilah karena mereka semua melakukan maksiat dan kesalahan disebabkan karena pengaruh dari perbuatan kita. Dan dosa-dosa mereka kelak juga akan membebani kita sebagai penyebab mereka berbuat salah.

Maka berhati-hatilah dalam setiap perbuatan kita, karena efek dari keburukan itu akan menjalar kemana-mana.

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain