Di Hari yang Paling Menakutkan, Allah Hadir dengan Rahmat-Nya

khazanahalquran.com – Hari Kebangkitan adalah hari yang sangat agung dan dahsyat. Disaat Allah menunjukkan kekuasaan-Nya dengan membangkitkan seluruh umat manusia. Disaat tahap pembalasan akan dimulai.

Di hari itu tiada satu pun yang berani mengangkat suara. Semuanya tunduk dan merendah dihadapan-Nya.

Allah swt berfirman,

وَخَشَعَتِ الْأَصْوَاتُ لِلرَّحْمَٰنِ فَلَا تَسْمَعُ إِلَّا هَمْسًا

“Dan semua suara tunduk merendah kepada Tuhan Yang Maha Pengasih, sehingga yang kamu dengar hanyalah bisik-bisik. (QS.Tha-Ha:108)

Namun ada satu hal yang menarik dari ayat ini. Di hari itu Allah menampakkan Kekuasaan dan Keagungan-Nya sehingga seluruh manusia merasa takut. Namun di detik-detik yang menegangkan itu, Allah tampil nama الرحمن  yang Maha Pengasih.

“Dan semua suara tunduk merendah kepada Tuhan Yang Maha Pengasih…”

Ayat ini tidak menyebut Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Kuasa atau selainnya. Tapi didetik-detik yang menggetarkan seluruh hati, Allah hadir dengan rahmat-Nya.

Dalam ayat-ayat lain Allah berfirman,

رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الرَّحْمَٰنِ ۖ لَا يَمْلِكُونَ مِنْهُ خِطَابًا

“Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; Yang Maha Pengasih, mereka tidak mampu berbicara dengan Dia.”(QS.An-Naba’:37)

لَا يَمْلِكُونَ الشَّفَاعَةَ إِلَّا مَنِ اتَّخَذَ عِنْدَ الرَّحْمَٰنِ عَهْدًا

“Mereka tidak berhak mendapat syafaat, (pertolongan) kecuali orang yang telah mengadakan perjanjian di sisi (Allah) Yang Maha Pengasih. (QS.Maryam:87)

يَوْمَئِذٍ لَا تَنْفَعُ الشَّفَاعَةُ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ الرَّحْمَٰنُ وَرَضِيَ لَهُ قَوْلًا

“Pada hari itu tidak berguna syafaat (pertolongan), kecuali dari orang yang telah diberi izin oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, dan Dia ridhai perkataannya.” (QS.Tha-Ha:109)

Dari ayat diatas kita akan temukan sifat-Nya Yang Maha Pengasih di detik-detik yang paling menakutkan dalam hidup manusia. Begitu besarnya kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, namun begitu buruknya balasan manusia atas kebaikan-Nya.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY