Cabut Harapan dari Hatimu pada Selain-Nya !

Cabut Harapan dari Hatimu pada Selain-Nya !

khazanahalquran.com – Kali ini kita akan merenungkan satu ayat Al-Qur’an yang mungkin sudah kita hafal dan sering pula kita lantunkan dalam dzikir ataupun doa-doa kita. Yaitu firman Allah swt,

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah (Muhammad), “Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS.Ali ‘Imran:26)

Terkadang sesuatu yang sering kita baca menjadikan kita kurang meresepi makna yang terkandung didalamnya.

Mari kita berhenti sejenak dan merenungi ayat yang begitu dahsyat ini. Bahwa Allah swt mengulang sebanyak 4 kali kalimat (yang Engkau Kehendaki).

Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki..

Engkau cabut kekuasaan dari siapa pun yang Engkau kehendaki..

Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki..

Dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki..

Pengulangan kalimat (yang Engkau kehendaki) ini ingin menyadarkan kita bahwa tidak ada yang mampu menentukan sesuatu selain Allah swt. Tidak ada yang akan terjadi tanpa kehendak-Nya !

Dalam ayat lainnya Allah berfirman,

نُصِيبُ بِرَحْمَتِنَا مَنْ نَشَاءُ ۖ وَلَا نُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ

“Kami melimpahkan rahmat kepada siapa yang Kami kehendaki dan Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik.” (QS.Yusuf:56)

نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ ۗ وَفَوْقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيمٌ

“Kami angkat derajat orang yang Kami kehendaki; dan di atas setiap orang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui.” (QS.Yusuf:76)

Maka cabutlah semua harapan dari selain-Nya.

Jangan mengetuk pintu lain selain pintu pertolongan-Nya.

Karena tidak akan terjadi sesuatu kecuali dengan kehendak-Nya. (Kita tetap dituntut untuk berusaha namun ketentuan akhirnya berada ditangan Allah swt.)

وَمَا تَشَاءُونَ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS.At-Takwir:29)

Sebagai penutup, ayat-ayat diatas telah menjelaskan bahwa tidak ada sesuatu yang terjadi kecuali atas kehendak-Nya. Dan yang perlu kita perhatikan, pada ayat pertama diatas Allah mengakhiri ayat ini dengan kalimat

بِيَدِكَ الْخَيْرُ

“Di tangan Engkaulah segala kebajikan…”

Maka tidak ada yang keluar dari Allah kecuali kebaikan dan semua Kehendak-Nya adalah yang terbaik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain