Bulan Melatih Kesabaran !

Bulan Melatih Kesabaran !

khazanahalquran.com – Tentu kita dapat melihat kaitan yang sangat erat antara puasa dan sabar. Dalam sebuah ayat Allah swt berfirman,

وَٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (QS.Al-Baqarah:45)

Para ahli tafsir menyebutkan bahwa arti “sabar” dalam ayat ini adalah puasa, karena saking eratnya hubungan antara kesabaran dan puasa.

Kita sering mendengar bahwa kesabaran itu terbagi menjadi tiga. Sabar dalam taat kepada Allah, sabar dalam meninggalkan maksiat dan sabar dalam menerima ketentuan-Nya. Tiga macam kesabaran ini terkumpul dalam puasa.

Sabar untuk tidak makan dan minum, sabar untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, sabar untuk tidak melakukan dosa, sabar untuk menjaga hati, mata, telinga dan anggota tubuh lainnya dan seluruh kesabaran itu terkumpul dalam puasa.

Bulan ini adalah bulan training untuk melatih kesabaran. Karena tidak ada kesuksesan di dunia ini tanpa adanya kesabaran.

Saking besarnya kesabaran yang dibutuhkan dalam ibadah puasa ini hingga Allah menjadikan ibadah yang satu ini menjadi spesial dibanding ibadah lainnya.

Dalam Hadist Qudsi-Nya Allah swt berfirman,

الصَّوْمُ لِي وَ أَنَا أَجْزِي بِهِ

“Puasa itu untuk-Ku dan Aku lah yang akan memberikan ganjarannya secara langsung.”

Setiap ibadah memiliki nilai dan Allah sering menyebutkan ganjaran dari sebuah ibadah. Kita sering melihat bagaimana Al-Qur’an menyebut nilai suatu ibadah dengan ganjaran 10 kali lipat atau 70 kali lipat.
Namun berbeda dengan ibadah puasa.

Puasa memiliki nilai khusus yang dirahasiakan oleh Allah swt karena agungnya ibadah yang satu ini. Persis sebagaimana Allah merahasiakan ganjaran bagi orang-orang yang sabar karena dahsyatnya nilai kesabaran tersebut.

إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ

“Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (QS.Az-Zumar:10)

Seorang yang berpuasa dan bersabar atas semua hal yang dilarang oleh Allah sedang melatih dirinya untuk menerima semua ketentuan Allah swt.

Seorang yang berpuasa karena mengharap kerelaan Allah dan menghiasi dirinya dengan kesabaran akan tampak ketenangan dalam hatinya dan ketentraman dalam jiwanya. Karena dia melakukan semua itu dibulan yang mulia maka semua kegelisahan, kesumpekan dan rasa lelah itu akan hilang seketika.

Bulan ini adalah bulan untuk melatih kesabaran agar kelak kita menjadi terbiasa bersabar untuk menghadapi sebelas bulan berikutnya.

Semoga bermanfaat..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 170 pelanggan lain