Berhati-hatilah dengan Kawanmu !

 

Khazanahalquran.com – Teringat ketika kecil, orang tua kita sering menasehati untuk memilih teman yang baik. Jangan sembarang bersahabat karena mereka sangat mempengaruhi masa depan kita nanti.Bahkan ada salah satu syair yang menyebutkan bahwa agama seseorang bukan ditentukan oleh orang tuanya tapi teman bisa lebih mempengaruhi keyakinannya.

Islam pun sangat memperhatikan urusan persahabatan. Berbagai ayat, riwayat bahkan kisah-kisah para nabi selalu mengajarkan untuk tidak sembarangan dalam memilih teman dan sahabat. Karena nilai seseorang bergantung dengan siapa ia berteman.

Bayangkan saja, seekor anjing bisa menjadi mulia dan selalu dikenang hanya karena menjadi sahabat setia Ashabul Kahfi. Bahkan anjing ini disebut berulang-ulang dalam satu ayat.

سَيَقُولُونَ ثَلَاثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْماً بِالْغَيْبِ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ قُل رَّبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِم مَّا يَعْلَمُهُمْ إِلَّا قَلِيلٌ -٢٢-

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan,“(Jumlah mereka) tiga (orang), yang keempat adalah anjingnya,” dan (yang lain) mengatakan, “(Jumlah mereka) lima (orang), yang keenam adalah anjingnya,” sebagai terkaan terhadap yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan, “(Jumlah mereka) tujuh (orang), yang kedelapan adalah anjingnya.” Katakanlah (Muhammad), “Tuhan-ku lebih Mengetahui jumlah mereka; tidak ada yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit.”. (QS.Al-Kahfi: 22)

 

Banyak penyebab orang bersahabat. Entah karena ada kecocokan hati, ada kepentingan atau hanya mencari keuntungan. Sementara Al-Qur’an telah menegaskan bahwa semua persahabatan yang tidak dilandasi dengan ketakwaan akan timbul perselisihan cepat atau lambat, bahkan bisa berubah menjadi musuh.

الْأَخِلَّاء يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ -٦٧-

“Teman-teman karib pada hari itu saling bermusuhan satu sama lain, kecuali mereka yang bertakwa.” (QS.Az-Zukhruf 67)

 

Sampul kertas yang tiada artinya menjadi sangat mulia dan diciumi jutaan manusia hanya karena bersahabat dengan Al-Qur’an. Pilihlah teman yang menghiasi nama kita dan berhati-hatilah dengan sahabat yang hanya akan merusak kehidupan dan nama baik kita. Behati-hatilah dengan kawanmu !

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain