Berbaik Sangka-lah kepada Mereka Yang Menolak Panggilanmu !

Berbaik Sangka-lah kepada Mereka Yang Menolak Panggilanmu !

khazanahalquran.com – Al-Qur’an adalah kitab universal. Selain menjelaskan permasalahan-permasalahan inti dan besar, kitab ini juga menjelaskan hal-hal kecil yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah tema yang akan kita ambil pelajaran di hari ini, yaitu tentang adab dan cara bertamu dan masuk ke rumah orang lain.

Setelah menjelaskan larangan masuk rumah orang tanpa izin, Allah swt melanjutkan dalam firman-Nya,

وَإِنْ قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا ۖ هُوَ أَزْكَىٰ لَكُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

“Dan jika dikatakan kepadamu, “Kembalilah!” Maka (hendaklah) kamu kembali. Itu lebih suci bagimu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS.An-Nur:28)

Coba bayangkan, ketika kita telah datang dengan rasa capek ke rumah yang dituju, kemudian ada penolakan dari sang pemilik rumah (karena alasan yang mungkin tidak kita ketahui), maka kita diajarkan untuk kembali tanpa perlu marah atau menanggapinya dengan cara yang negatif.

Jika dalam hal ini saja kita diajarkan untuk tidak merespon dengan cara yang tidak baik, lantas kenapa kita marah jika telpon kita tidak diangkat? Kenapa kita marah jika chat tidak dibalas?

Bukankah semua itu tidak mengeluarkan energi lebih dibanding penolakan saat kita langsung datang ke rumah?

Berapa banyak hubungan yang hancur karena kesalahpahaman ini? Berapa banyak persaudaraan yang menjadi jauh karena buruk sangka ini?

Berbaik sangkalah kepada seorang yang menolak telpon atau tidak membalas chatmu.. Mungkin saja dia ada keperluan yang tidak kau ketahui..

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 131 pelanggan lain