Bela lah Agama Allah, Maka Akan Datang Pertolongan dari-Nya !

Bela lah Agama Allah, Maka Akan Datang Pertolongan dari-Nya !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS.Muhammad:7)

Banyak ayat Al-Qur’an yang menggunakan metode “menggantungkan sesuatu atas sesuatu yang lain”. Seperti ayat diatas yang menjelaskan bahwa jika kita membela agama Allah maka akan datang pembelaan dan pertolongan-Nya. Juga seperti ayat berikut,

وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ

“Dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu.” (QS.Al-Baqarah:40)

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu.” (QS.Al-Baqarah:152)

Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa  kesempurnaan iman dan amal seseorang tidak cukup dengan meyakini agama dan beramal baik saja. Tapi juga harus ikut serta menyebarluaskan dan turut membela agama tersebut.

Ganjaran sebuah amal tergantung dengan amal yang kita lakukan. Jika kita mengingat Allah kita akan diingat, jika membela agama Allah kita akan dibela, jika memenuhi janji kepada Allah maka Allah pun akan memenuhi janji-janji-Nya kepada kita.

Setiap orang yang membela agama Allah dengan perbuatan, lisan atau pikiran pasti Allah akan membela dan memberinya pertolongan. Anugerah ilahi dan pemberian Allah itu tergantung pula dengan apa yang kita lakukan. Disaat kita berbuat disitu kita akan meraih hasilnya.

Artinya ayat ini juga mengajarkan agar jangan pernah menanti pertolongan dan pembelaan Allah, sebelum kita membela agama-Nya.

Allah bukan hanya akan memberi pertolongan tapi juga anugerah yang terpenting adalah mengkokohkan hati kita. Kita tak cukup berjuang namun setelah meraih kemenangan semuanya menjadi kacau. Perlu ada “tasbitul aqdam” yang artinya penguatan hati dan langkah kita dijalan kebenaran. Jadi dalam kondisi apapun kita tetap kuat dan kokoh dijalan-Nya.

Jangan menanti pertolongan Allah sebelum membela agama Allah. Tetapi yakinilah wahai yang membela-Nya, pasti pertolongan Allah akan segera datang.

Dalam sebuah riwayat, Amiril Mukminin Ali bin Abi tholib pernah menjelaskan dalam ungkapannya yang indah,

 “Allah tidak meminta pertolongan karena Allah hina. Allah tidak meminjam harta (ketika kita berinfak) karena Dia tidak memiliki atau kekurangan.

Allah meminta kita menolong agamanya sementara Allah memiliki bala tentara langit dan bumi. Dan allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Allah meminta kita untuk menghutangi-Nya dengan berinfaq sementara dia memiliki gudang-gudang langit dan bumi dalam kekayaan-Nya. Dan Allah Maha Kaya lagi Maha terpuji..

Semua itu Allah lakukan karena Allah ingin menguji kalian siapakah diantara kalian yang terbaik amal perbuatannya.”

Semoga bermanfaat…

Komentar

Comments 2

  1. Anonim says:

    “Allah tidak meminta pertolongan karena Allah hina
    mungkin salah ketik

    • Admin says:

      Mohon dipahami kembali keterangab tersebut.. Tidak salah ketik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain