Banyak Wacana, Nol Usaha !

Banyak Wacana, Nol Usaha !

khazanahalquran.com – Dalam sebuah kelas seorang dosen bertanya kepada muridnya, “Pada sebuah ranting pohon, berjejer empat burung kenari. Tiga diantara mereka bertekad untuk terbang. Lalu berapa yang tersisa diatas pohon?”
Seluruh murid menjawab, “Hanya satu yang tersisa.”

Lalu tiba-tiba seorang murid memberi pendapat yang berbeda, ia pun berkata, “Masih tersisa empat diatas pohon !”

Kelas pun menjadi ramai dengan jawaban satu murid ini. Kemudian dosen bertanya kepadanya, “Apa alasan dibalik jawabanmu?”

Murid ini menjawab, “Engkau mengatakan bahwa burung itu “bertekad” untuk terbang dan engkau tidak berkata bahwa mereka “terbang”. Keinginan untuk terbang tidak berarti mereka telah melakukannya.”

Bila direnungkan, kisah ini menampar orang-orang yang banyak wacana tanpa aksi nyata. Berapa banyak kita temukan orang-orang yang sangat meyakinkan dalam merencakan sesuatu, tapi tak ada usaha untuk mewujudkannya. Di tengah merumuskan wacana ia bagai bintang yang berkilau, tapi dalam dunia nyata sama sekali tidak menghasilkan apa-apa.

Banyak manusia pandai berkata-kata dan pintar menyusun rencana tapi sedikit sekali dari mereka yang bekerja nyata. Bukankah semua wacanamu hanya akan menguap sia-sia bila tak kau wujudkan dengan usaha?

Ingatlah, nilaimu hanya ada pada usahamu bukan kata-katamu !

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS.Ali ‘Imran:159)

Ayat ini mengajarkan apabila kita telah bertekad untuk melakukan sesuatu maka mulai lah ! Lakukan dan wujudkan tekadmu !

Kemudian pasrahkan hasilnya kepada Allah swt.

Semoga bermanfaat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 161 pelanggan lain