Bagi Mereka yang Mendalami Agama…

Bagi Mereka yang Mendalami Agama…

khazanahalquran.com – Agama adalah sekumpulan aturan dan sistem Ilahi yang telah disediakan untuk manusia. Mendalami ilmu agama hukumnya wajib kifayah, yakni tidak semua manusia berkewajiban melakukannya bila telah ada yang mengemban tugas ini.

Allah swt berfirman,

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (QS.at-Taubah:122)

Namun sayang, semangat mendalami agama itu terkadang tidak didasari dengan niat yang kurang tepat. Sebagian mendalami agama demi meraih hal-hal duniawi, sebagian lain karena keasyikannya dalam belajar, mengisi waktu kosong atau hanya untuk berkumpul dengan teman-teman.

Tentu masih ada sebagian orang yang mendalami agama dengan niat yang tepat sesuai keinginan Allah. Yaitu demi menyelamatkan diri serta kaumnya.

وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ

“Untuk memberi peringatan kepada kaumnya…”

Karena sebenarnya urusan mendalami agama ini bukanlah hal yang sepele. Rasul pun sangat memperhatikan hal ini. Bahkan ketika Sayyidina Ali hendak pergi ke Yaman, Rasulullah saw berpesan agar beliau mengajak penduduk Yaman untuk mendalami agama.

Sayyidina Ali pun berpesan kepada anak-anaknya, “Perdalam lah agama karena orang yang memperdalam agama adalah penerus para nabi.”

Tanpa ahli agama, tak bisa kita bayangkan siapa yang akan meneruskan tugas para nabi untuk menyadarkan umat. Maka dari itu, bila kita bukan termasuk orang yang memperdalam agama maka kita harus memberi dukungan kepada mereka yang memperdalam agama. Karena umat ini tidak akan mampu berdiri tanpa orang-orang yang ahli agama. Anak-anak kita pun butuh kepada bimbingan mereka dalam menghadapi kehidupan.

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain