Apakah Allah Akan Mengampuni Orang yang Dzalim?

Apakah Allah Akan Mengampuni Orang yang Dzalim?

Khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ وَقَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمُ الْمَثُلَاتُ وَإِنَّ رَبَّكَ لَذُو مَغْفِرَةٍ لِلنَّاسِ عَلَى ظُلْمِهِمْ وَإِنَّ رَبَّكَ لَشَدِيدُ الْعِقَابِ

“Mereka meminta kepadamu supaya disegerakan (datangnya) siksa, sebelum (mereka meminta) kebaikan. padahal telah terjadi bermacam-macam contoh siksa sebelum mereka. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai ampunan (yang luas) bagi manusia sekalipun mereka zalim, dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar sangat keras siksa-Nya.”(QS.ar-Ra’d:6)

Dari ayat diatas kita telah menemukan jawaban bahwa Allah akan mengampuni hamba-Nya sekalipun ia dzalim (tentu dengan syarat-syaratnya). “Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai ampunan (yang luas) bagi manusia sekalipun mereka zalim.”

Ayat ini tidak sedang memberi celah kepada manusia untuk berbuat dzalim namun ingin memberi kesempatan agar mereka bertaubat dan memperbaiki diri.

Tapi yang menarik, dalam ayat ini Allah menggandengkan ampunan-Nya yang luas dengan siksa-Nya yang pedih. Kira-kira apa pesan yang ingin disampaikan?

Dalam menjalani hidup, seorang mukmin harus memiliki dua modal utama yaitu harapan dan rasa takut. Bergandengannya ampunan dan siksaan dalam ayat ini ingin mengajarkan bahwa sebanyak apapun dosa kita, jangan pernah putus asa. Dan sesedikit apapun kesalahan kita, jangan pernah merasa aman dari siksa-Nya !

Rasulullah saw bersabda,

لولا عفو الله وتجاوزه ما هنىء أحد العيش، ولولا وعيد الله وعقابه لأتّكل كلّ واحد

“Tanpa ampunan Allah dan belas kasih-Nya tidak ada seorang pun yang tenang kehidupannya. Dan tanpa ancaman serta siksa-Nya, maka semua orang akan pasrah (dengan dosanya).”

Dari sini menjadi jelas bahwa ketika seseorang bermaksiat lalu berkata “Allah itu Maha Pengampun”, sebenarnya ia sedang mendustai ampunan-Nya bahkan ia sedang bermain-main dengan siksa Allah swt!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain