Apa yang Didapatkan Seseorang Ketika Membaca Ayat Kursi?

Khazanahalquran.com – Sebelumnya kita telah membahas tentang Keutamaan dan Keagungan Ayat Kursi. Dan hari ini kita akan kembali mengupas riwayat demi riwayat mengenai kemuliaan dan pahala membaca ayat ini.

 

7. Datang seorang lelaki kepada Rasulullah saw, ia berkata, “Wahai Rasulullah, ajari aku sesuatu yang bermanfaat bagiku.”

Rasul pun menjawab,

“Bacalah ayat kursi, karena ia akan menjagamu dan keturunanmu serta rumahmu dan rumah disekitarmu.”

 

Rasulullah saw bersabda,

“Siapa yang membaca ayat kursi disetiap selesai solatnya maka ia berada dalam penjagaan Allah hingga sampai pada solat selanjutnya.”

 

8. Rasulullah saw bersabda,

“Wahai Ali, jika engkau keluar dari rumahmu untuk memenuhi keperluanmu maka bacalah ayat kursi. Maka keperluanmu akan terkabul insya Allah.”

 

9. Seorang datang kepada Rasulullah saw untuk mengeluhkan keadaannya, ia pun berkata, “Wahai Rasulullah, aku merasa tidak ada berkah dirumahku.”

Rasul pun menjawab,

“Jika engkau ingin makananmu menjadi berkah, maka bacailah ayat kursi.”

 

10. Rasulullah saw bersabda,

“Siapa yang membaca ayat kursi satu kali maka namanya telah dihapus dari deretan orang-orang yang celaka.

Siapa yang membacanya tiga kali maka para malaikat memohonkan ampunan untuknya.

Siapa yang membacanya empat kali maka para nabi memberi syafaat kepadanya.

Siapa yang membacanya lima kali maka Allah Menuliskan namanya di deretan orang-orang baik dan ikan-ikan dilautan memohonkan ampun untuknya.

Siapa yang membacanya enam kali maka ia terjaga dari keburukan setan.

Siapa yang membacanya tujuh kali maka pintu neraka telah ditutup baginya.

Siapa yang membacanya delapan kali maka pintu surga telah dibuka untuknya.

Siapa yang membacanya sembilan kali maka ia akan diselamatkan dari kesedihan dunia dan akhirat.

Siapa yang membacanya sepuluh kali maka Allah akan Melihatnya dengan pandangan rahmat. Dan siapa yang dilihat oleh Allah dengan pandangan rahmat maka Allah tidak akan Mengadzabnya.”

 

11. Dua bersaudara datang menemui Rasulullah saw. Salah satu dari mereka berkata, “Wahai Rasulullah, kami ingin berniaga ke negri Syam. Maka ajarilah apa yang harus kami baca.”

 

Rasulullah saw menjawab,

“Ya, ketika kalian berhenti di suatu rumah, kemudian kalian solat isya’ disana dan hendak tidur maka bertasbihlah dengan tasbih (yang kuajarkan) kepada Fatimah dan bacalah ayat kursi. Karena bacaan itu akan menjagamu dari segala sesuatu hingga pagi hari.”

 

Kita telah melewati riwayat demi riwayat dari lisan suci Rasulullah saw yang tidak berbicara kecuali wahyu. Sebenarnya penjelasan dari Rasulullah tentang ayat kursi ini adalah bekal terbaik untuk kehidupan kita sehari-hari.

Ikhtiar dan usaha memang harus dilakukan, tapi semua itu tidak akan berjalan tanpa Kehendak-Nya. Karena itu marilah kita biasakan untuk selalu membaca ayat kursi karena didalamnya ada penjagaan, kemudahan dan keberkahan dari Allah swt.

Jika kita masih meragukan sabda Rasulullah, lalu siapa yang akan kita percayai?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain