Apa Rahasia Dibalik Perintah Untuk Selalu Mengingat Allah?

Apa Rahasia Dibalik Perintah Untuk Selalu Mengingat Allah?

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS.Al-Baqarah:152)

Menjalani kehidupan memang tak mudah. Rintangan, halangan dan masalah selalu datang silih berganti.

Sebagai seorang hamba, kita dituntut untuk tetap tegar dan bersabar, hingga masa ujian di ruang dunia ini berakhir. Lalu kemudian kita akan kembali menuju rumah kita yang abadi.

Setiap manusia membutuhkan modal dan bekal agar bisa menghadapi semua ini dengan tegar. Dan salah satu modal terpenting adalah selalu mengingat Allah swt.

Apa saja yang didapatkan dengan sering mengingat Allah?

1. Mengingat nikmat-nikmat Allah adalah modal kita untuk lebih dekat dan mengenal-Nya. Dengan mengingat nikmat Allah hati kita akan tergerak untuk bersyukur dan menerima kondisi yang ada.

2. Mengingat kemampuan Allah yang tak terbatas adalah modal kita untuk dapat pasrah dan bertawakal kepada-Nya. Dengan mengingat kuasa-Nya, kita tidak akan pernah merasa lemah. Kita selalu merasa kuat karena bersandar pada Yang Maha Kuat.

3. Mengingat ilmu dan pengetahuan-Nya adalah modal kita untuk bertakwa dan menjaga diri dari pelanggaran dan dosa. Karena kita sadar bahwa setiap gerak-gerik kita selalu dalam pantauan-Nya. Maka rasa malu untuk berbuat dosa akan muncul walaupun kita dalam kondisi sendirian.

4. Mengingat anugerah dan pemberian Allah yang begitu banyak adalah modal untuk menumbuhkan kecintaan kita kepada Allah swt.

Karena karakter manusia adalah mencintai orang yang selalu memberi kebaikan kepadanya.

5. Mengingat keadilan Allah adalah modal untuk menumbuhkan rasa takut kepada-Nya. Karena takut kepada Allah akan membawa kita menuju kebaikan.

Semakin besar rasa takut kita kepada Allah, maka semakin kecil dosa dan pelanggaran kita.

6. Mengingat pertolongan yang pernah Allah berikan adalah modal kita untuk selalu berharap kepadanya.

Sebagaimana Allah pernah menyelamatkan kita di waktu yang lampau, maka pertolongan itu juga akan datang disaat kita membutuhkan. Ingatlah selalu bahwa Allah tidak pernah meninggalkan seorang hamba yang berharap kepada-Nya.

Ternyata mengingat Allah memberi bekal yang paling kokoh untuk kita melakukan semua aktifitas kehidupan. Mengingat Allah memberi kita spirit dan power untuk menghadapi semua masalah.

Maka ingatlah Allah selalu, maka Allah juga akan mengingat-Mu !

Semoga bermanfaat ..

Komentar

Comments 3

  1. Nur, Moga, Pemalang says:

    Terima kasih setiap hari selalu ada hikmah. Karena yang demikian sangat berarti bagi jiwa ini yang naik turun kadar keimanannya. Jika ‘perantara’ sumber keilmuan Ilahiyah (khasanahalquran) bosan mengiriminya…, maka tidaklah mustahil diri ini yang kadang dihinggapi rasa bosan bisa tersesat pemikiran / pemahaman. Sekali lagi, terima kasih ustadz, jangan sampai bosan seperti orang awam ini. Salaam…

  2. Syamsul Arifin Effendi says:

    mohon ijin, boleh kami menyampaikan materi agama ini kepada teman2 lainnya dengan tetap menyebutkan sumbernya (khasanahalquran.com), trmksh sebelumnya atas jawabannya, salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain