Apa Penyebab Umat Ini Disebut Sebagai Umat Terbaik?

Apa Penyebab Umat Ini Disebut Sebagai Umat Terbaik?

Khazanahalquran.com – Allah SWT berfirman,

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS.Ali Imran:110)

Allah SWT mensifati kaum muslimin dalam ayat ini sebagai umat terbaik yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat. Lalu apa bukti umat ini adalah umat terbaik?

Bukti bahwa umat ini adalah umat terbaik adalah karena mereka mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah yang Munkar serta beriman kepada Allah.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.”

Ayat ini memberi pelajaran bahwa membenahi masyarakat tidak akan berhasil tanpa adanya iman kepada Allah, ajakan menuju kebenaran dan perlawanan pada kemungkaran. Tentunya juga dengan berbagai sistem yang telah disiapkan dengan detail dalam agama suci ini.

Kenapa umat ini harus menjadi umat terbaik?

Karena umat ini mendapat kemuliaan dengan syariat terakhir dari agama samawi. Dengan nabinya yang termulia, penutup para nabi saw. Dan tidak diragukan lagi bahwa yang dibawa oleh beliau adalah syariat yang paling sempurna untuk manusia sepanjang zaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain