Ancaman Allah kepada Orang yang Berlebihan !

Khazanahalquran.com – Semakin dalam kita mengupas kandungan ayat-ayat Al-Qur’an, semakin dalam pula kita merasakan terangnya cahaya petunjuk Allah bagi hamba-hamba-Nya. Kali ini kita akan menyimak Firman Allah yaitu,

كُلُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا فِيهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي وَمَن يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي فَقَدْ هَوَى

“Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami Berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia. (QS.Thaha:81)

 

Pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat ini adalah :

1. Asal dari segala sesuaitu itu baik dan suci. Dan kita pun diperbolehkan untuk menggunakannya.
Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami Berikan kepadamu..” Maka kita dilarang untuk mengharamkan rezeki yang baik dari Allah swt.

2. Agama Allah begitu memperhatikan pentingnya kesehatan makanan. “Makanlah dari rezeki yang baik-baik..”

3. Tidak memperhatikan hukum-hukum makanan termasuk perbuatan yang melampaui batas. Makanlah… dan janganlah melampaui batas…”

4. Jangan gunakan nikmat yang dihalalkan oleh Allah untuk sesuatu yang diharamkan-Nya. dan janganlah melampaui batas..”

5. Berlebihan (mubadzir) adalah wujud perbuatan yang melampaui batas dalam hukum Allah swt. dan janganlah melampaui batas..”

6. Allah Memberikan ancaman yang serius kepada orang-orang yang melampaui batas. “yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu…”

7. Berlebihan adalah termasuk dosa besar yang mendapat ancaman adzab dari Allah swt. “dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu…”

8. Musibah terbesar bukanlah musibah dunia ataupun harta. Musibah terbesar adalah ketika seseorang mendapatkan murka Allah swt. “Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia.

Semoga kita dijauhkan dari Murka-Nya. Amin ya rabbal alamin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain