Ambillah Pelajaran Walau dari Burung Gagak

Ambillah Pelajaran Walau dari Burung Gagak

khazanahalquran.com – Salah satu metode yang sering digunakan oleh Al-Qur’an adalah mengangkat sebuah cerita untuk menjadi sumber pelajaran.

Kali ini kita akan mengambil pelajaran dari potongan kisah antara Qabil dan Habil. Allah swt menceritakan dalam firman-Nya,

فَبَعَثَ ٱللَّهُ غُرَابٗا يَبۡحَثُ فِي ٱلۡأَرۡضِ لِيُرِيَهُۥ كَيۡفَ يُوَٰرِي سَوۡءَةَ أَخِيهِۚ قَالَ يَٰوَيۡلَتَىٰٓ أَعَجَزۡتُ أَنۡ أَكُونَ مِثۡلَ هَٰذَا ٱلۡغُرَابِ فَأُوَٰرِيَ سَوۡءَةَ أَخِيۖ فَأَصۡبَحَ مِنَ ٱلنَّٰدِمِينَ

Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil). Bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Qabil berkata, “Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal. (QS.Al-Ma’idah:31)

Dari ayat ini kita akan mengambil beberapa pelajaran bahwa :

1. Allah swt memiliki banyak cara untuk memberi pelajaran kepada hamba-Nya.

2. Rahmat Allah swt begitu luas bahkan kepada jasad hamba yang telah menjadi mayit.

3. Allah swt ingin mengajarkan bahwa setiap jenazah adalah mulia dan harus diperlakukan dengan mulia.

4. Dari tata cara menguburkan mayat ini Allah ingin mengajarkan bagaimana menjaga keselamatan dan kebersihan lingkungan.

5. Hendaknya manusia tidak gengsi untuk belajar kepada siapapun walau kepada makhluk yang dibawahnya seperti hewan dan lain sebagainya.

6. Dari berbagai metode pengajaran, metode yang terbaik adalah metode praktek yang mampu memberikan pemahaman secara langsung kepada murid.

Itulah beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari burung gagak yang mengajari Qabil bagaimana cara menguburkan jasad saudaranya. Walaupun tentunya masih banyak lagi pelajaran demi pelajaran yang terkandung didalamnya.

Semoga bermanfaat ..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 177 pelanggan lain