Al-Qur’an dan Kelestarian Alam

Al-Qur’an dan Kelestarian Alam

Khazanahalquran.com – Berulang kali telah kita sebutkan bahwa Islam bukan agama ritual saja. Islam tidak hanya bicara tentang solat, puasa, haji dan urusan akhirat lainnya. Namun Islam adalah sebuah sistem yang mengatur manusia agar hidup sebagai selayaknya manusia.

Kali ini kita mengutip ayat tentang perintah untuk menjaga dan memakmurkan bumi. Jika sekarang marak terdengar program go green dan menjaga lingkungan, sebenarnya Al-Qur’an telah memerintahkan hal itu sejak dulu.

Allah berfirman,

هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا

“Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya.” (QS.Huud:61)

Ayat ini memberi pelajaran bahwa setiap manusia diperintahkan untuk memakmurkan bumi serta menjaga dan merawatnya. Karena bumi dengan seluruh kekayaannya dipersembahkan untuk mereka.

Mungkin kita terlalu sibuk membahas urusan politik, perbedaan pendapat dan sebagainya. Dan membuat kita lupa bahwa salah satu wajah Islam adalah memakmurkan bumi dan menjaganya.

Sudahkah kita menjalankan perintah Allah untuk memakmurkan dan membenahi bumi-Nya?Sudahkah kita menjaganya dari tangan kita sendiri?
Sudahkah kita membuang sampah pada tempatnya?

Ingatlah bahwa hal-hal sepele ini mempengaruhi nilai keislaman kita.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain