Al-Qur’an adalah Cahaya dan Kehidupan Bagi Manusia

Al-Qur’an adalah Cahaya dan Kehidupan Bagi Manusia

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

هَٰذَا بَصَائِرُ مِنْ رَبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“(Al-Qur’an) ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS.Al-A’raf:203)

Sebagaimana indera mata butuh kepada cahaya untuk melihat, mata hati pun butuh cahaya untuk dapat melangkah di jalan yang benar. Allah telah menurunkan cahaya petunjuk berupa Al-Qur’an yang sejalan dengan fitrah kita. Al-Qur’an adalah jalan yang lurus, yang tak pernah terpengaruh oleh berbagai kecenderungan di alam ini. Jalan Al-Qur’an selalu searah dengan keinginan fitrah manusia.

Allah swt berfirman,

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنْزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَهُ عِوَجًا ۜ قَيِّمًا لِيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِنْ لَدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ

Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok; sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin.” (QS.Al-Kahfi:1-2)

Al-Qur’an adalah jalan Allah yang mengentaskan manusia dari kegalapan menuju cahaya. Andai manusia mengikuti akal dan fitrahnya maka ia akan menemukan jalan kebenaran. Tapi sampai dimana akal mampu subjektif tanpa godaan nafsu dan hijab ego?

Karena itu Allah menurunkan Al-Qur’an untuk membimbing akal dan fitrah agar tidak keluar dari jalur kebenaran yang hakiki.

Rasulullah saw bersabda,

القرآن مَأْدُبَةُ اللهِ فَتَعَلَّمُوا مِنْ مَأْدُبَةِ الله مَا اسْتَطَعْتُم، اِنَّهُ النُّورُ المُبِين وَالشِّفَاءُ النَّافِع تَعَلَّمُوْهُ فَاِنَّ الله يُشَرِّفُكُم بِتَعَلُّمِهِ

“Al-Qur’an adalah hidangan Allah maka pelajarilah (raihlah) hidangan itu semampu kalian. Sesungguhnya Al-Qur’an adalah cahaya dan kesembuhan yang sangat bermanfaat. Pelajarilah Al-Qur’an karena Allah akan memuliakan kalian karena mempelajarinya.”

Semoga bermanfaat….

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 143 pelanggan lain