Al-Qur’an adalah Bumerang Bagi Orang Dzalim !

Khazanahalquran.com – Bagi orang-orang mukmin, Al-Qur’an adalah obat dan sumber rahmat untuk kehidupan mereka. Tapi tidak untuk orang-orang yang dzalim.

Allah swt berfirman,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS.al-Isra’:82)

Ketika orang-orang dzalim dihadapkan dengan Al-Qur’an, kebodohan mereka akan bertambah dan kondisi hidup mereka akan semakin memburuk.

Mengapa demikian? Bukankah Al-Qur’an itu hidayah bagi semua manusia?

Ya, tidak ada yang salah dari Al-Qur’an. Kitab ini adalah petunjuk bagi semua manusia. Tapi ingat, tidak semua orang dapat menyerap manfaat dari hidayah ini.

Ketika orang dzalim menemukan kebenaran, ia semakin antusias untuk melawannya. Dan perlawanan atas kebenaran inilah yang membuat kehidupannya semakin memburuk dan ruh kebejatan itu semakin hidup.

Sebagai contoh, coba kita berikan dua hidangan makanan kepada dua orang yang berbeda. Yang satu adalah orang suka berbagi kebaikan dan yang satunya orang yang suka  berbuat dzalim.

Makanan yang dihidangkan sama-sama baik, tapi yang menerimanya berbeda. Orang pertama menggunakan energi dari makanan itu untuk berbagi kebaikan dan yang kedua menggunakan energinya untuk berbuat kedzaliman.

Dari contoh ini menjadi jelas bahwa masalahnya bukan pada Al-Qur’an tapi pada penerimanya. Al-Qur’an memang kitab petunjuk tapi bagi mereka yang membuka diri dan siap menerima petunjuk.

Dan bagi mereka yang menutup diri dan menolak hidayah, mereka tidak dapat mengambil manfaat dari Al-Qur’an. Bahkan sebaliknya, kebencian dan kekufuran mereka akan semakin bertambah dan bertambah.

فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. (QS.al-Hajj:46)

Semoga bermanfaat…

Komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY