5 Sifat Mukmin dalam Satu Ayat dari Surat Ali Imran

khazanahalquran.com – Gelar “mukmin” adalah gelar sakti yang menjamin kebahagiaan dan keselamatan seseorang. Seorang yang telah “diakui” oleh Allah sebagai mukmin sejati telah mendapatkan tiket emas menuju surga. Tentunya bukan hanya mengaku mukmin tapi harus “diakui” sesuai keyakinan dan amal perbuatannya.

Nah, kali ini kita akan belajar dari satu ayat dari surat Ali Imran. Kira-kira apa saja sifat-sifat mulia kaum mukminin dalam ayat ini?

Allah swt berfirman,

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“(yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS.Ali Imran:17)

Setidaknya ada 5 sifat yang disebutkan dalam ayat ini :

1. “Orang-orang yang sabar….”

Yakni mereka yang bersabar atas musibah, bersabar untuk tidak melakukan maksiat dan bersabar dalam menjalankan perintah Allah swt.

2. “Orang-orang yang benar (jujur)….”

Jujur dalam perkataan dan perbuatannya.

3. “Yang tetap taat….”

Yaitu mereka yang tawadhu’ dan khusyu’ dalam menjalankan hukum-hukum Allah. Serta meninggalkan segala bentuk kesombongan dan merasa unggul dari yang lain.

4. “Yang menafkahkan hartanya…”

“Yaitu mereka menginfakkan sebagian hartanya dijalan Allah sebagai rasa syukur atas rezeki yang ia terima.

5. “Yang memohon ampun diwaktu sahur…”

Yaitu mereka yang berusaha bangun di tengah malam untuk bermunajat dan beristighfar kepada Allah. Karena waktu sahur adalah waktu yang paling afdhol untuk berdoa dan memohon ampunan. Dan disaat itulah waktu mustajabnya doa-doa seorang hamba.

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan penuh rahmat dan ampunan. Maka mari kita persiapkan diri untuk menjadi mukmin sejati, paling tidak dengan melatih diri untuk bermunajat di waktu sahur dan meminta ampunan kepada-Nya.

Catatan terakhir yang perlu kita perhatikan, dalam ayat diatas Allah menggandengkan sifat memberi infaq dan memohon ampunan, sebagai isyarat bahwa ibadah kepada Allah harus selalu disertai dengan membantu sesama hamba-Nya.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY