5 Ayat dengan 5 Pelajaran !

khazanahalquran.com – 1. Allah swt berfirman,

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ

“Dan sungguh, Telah Kami berikan kepada Dawud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Dawud,” dan Kami telah melunakkan besi untuknya.” (QS.Saba’:10)

Ayat ini memahamkanku bahwa jika manusia pasrah dan bertawakal kepada Tuhan Semesta Alam, maka Allah akan menundukkan segala sesuatu dihadapannya. Walaupun bagi kita itu seperti mustahil, namun tidak ada yang mustahil bagi Allah swt.

2. Allah swt berfirman,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

“Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (QS.An-Nahl:97)

Ayat ini memahamkanku bahwa disaat seorang hamba semakin mendekatkan diri kepada Allah swt, maka Allah akan memberi kenikmatan dan kelezatan yang tak pernah ia temukan pada makanannya, minumannya, aktifitasnya bahkan di waktu manapun dalam hidupnya. Ingatlah bahwa hidup adalah kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih kerelaan-Nya.

3. Allah swt berfirman,

وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

“Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS.Al-Baqarah:216)

Ayat ini memahamkanku bahwa dibalik tertundanya keinginan, harapan dan cita-cita kita ada hikmah besar yang tak pernah kita ketahui. Maka jangan terburu-buru mengeluh dan menyalahkan. Teruslah berharap dan bertawakkal-lah kepada Allah swt.

4. Allah swt berfirman,

وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا

“Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya.” (QS.Al-An’am:59)

Ayat ini memahamkanku bahwa jika sehelai daun saja Allah mengetahuinya, bagaimana dengan kesedihan dan tangisan kita? Bukankah Dia Arhamur Rahimin?

5. Allah swt berfirman,

يَقُولُ يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي

Dia berkata, “Alangkah baiknya sekiranya dahulu aku mengerjakan (kebajikan) untuk hidupku ini.” (QS.Al-Fajr:24)

Ayat ini memahamkanku bahwa para penghuni kubur berangan-angan untuk bisa punya kesempatan untuk hidup kembali. Sementara kesempatan itu sekarang ada ditangan kita ! Maka jangan pernah sia-siakan.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY