4 Faktor yang Sangat Mempengaruhi Pendidikan Anak menurut Al-Qur’an

4 Faktor yang Sangat Mempengaruhi Pendidikan Anak menurut Al-Qur’an

khazanahalquran.com – Dalam mendidik anak banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Kali ini kita ingin belajar dari kisah Sayyidah Maryam as, bagaimana beliau mampu melahirkan bayi suci seperti Nabi Isa as. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya?

Sejak awal, ibu dari sayyidah Maryam telah bernadzar kepada Allah untuk bayi yang dikandungnya.

Allah swt menceritakan,

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.” (QS.Ali Imran:37)

Dari kisah diatas kita mendapat pelajaran bahwa siapa yang berjalan di jalan-Nya maka Allah akan mempersiapkan dunia baginya.

Dari ayat ini paling tidak ada 4 faktor penting yang mempengaruhi seorang anak, yaitu :

1. Kesucian ruh sang ibu.

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ

“Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik…”

2. Tubuh ibu yang sehat.

وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا

“Dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik.”

3. Pendidikan dan bimbingan Islam sesuai ajaran Allah.

وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا

“Dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya…”

4. Makanan yang halal dan suci.

هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ

“Makanan itu dari sisi Allah…”

Itulah sebagian faktor yang paling utama dalam mencetak generasi unggul. Dengan terkumpulnya faktor-faktor ini maka tidak heran bila Sayyidah Maryam melahirkan bayi yang luar biasa seperti Nabi Isa as.

Memang kelahiran Isa merupakan mukjizat Allah, namun pastinya Sayyidah Maryam telah melewati didikan dan bimbingan khusus, yang menjadikan beliau sebagai sosok wanita yang mengabdikan semua yang ia miliki untuk Allah semata. Dari situlah akhirnya beliau dipilih oleh Allah untuk menjadi ibu seorang Nabi yg lahir penuh dengan mukjizat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain