3 Tipe Manusia dalam Menghadapi Masalah Kehidupan

3 Tipe Manusia dalam Menghadapi Masalah Kehidupan

khazanahalquran.com – Selama nafas masih berhembus, manusia tak akan pernah lepas dari masalah. Siapapun ia, kuat atau lemah, kaya atau miskin, tua ataupun muda, semuanya akan menghadapi masalah sesuai dengan kadarnya masing-masing.

Nah, kali ini kita akan mengutip ayat-ayat Al-Qur’an yang menerangkan tentang tipe-tipe manusia dalam menghadapi masalah.

Apa saja tipe manusia ketika menghadapi masalah?

1. Selalu berkeluh kesah.

Tipe pertama adalah golongan manusia yang selalu berkeluh kesah dengan masalah yang ia hadapi. Padahal beribu keluhan dan hujatan yang ia teriakkan tidak akan mengurangi masalahnya sedikitpun.

‎إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا

“Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah.” (QS.al-Ma’arij:20)

2. Penuh kesabaran.

Tipe kedua adalah manusia yang bersabar dalam menghadapi setiap masalah dan rintangan hidup. Ia tau bahwa dunia adalah tempat ujian dan mustahil mencari kebahagiaan abadi di alam ini. Ia juga sadar bahwa kesedihan tidak akan abadi, semua pasti akan berakhir. Begitupula kesenangan dunia tidak akan bertahan lama.

‎وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS.al-Baqarah:155)

3. Rela dan mengembalikan semuanya kepada Allah.

Tipe ketiga tidak hanya bersabar menghadapi ujian dan masalah, namun mereka juga rela dan mengembalikan semuanya kepada Allah. Karena mereka yakin yang terjadi adalah yang terbaik.

‎الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS.al-Baqarah:156)

Termasuk dalam tipe manakah kita?

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 145 pelanggan lain