3 Prinsip Dasar dalam Islam

3 Prinsip Dasar dalam Islam

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ * وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ * ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (QS.an-Najm:39-41)

Ayat-ayat ini ingin menjelaskan tiga asas penting dalam Islam. Bahkan tiga prinsip ini telah diperkuat oleh kitab-kitab samawi sebelumnya. Tiga prinsip itu adalah :

1. Setiap manusia bertanggung jawab atas dosa dan perbuatan yang ia lakukan.

2. Manusia tidak meraih apa-apa di akhirat kecuali apa yang telah diusahakannya di dunia.

3. Setiap manusia akan melihat hasil usahanya dan Allah akan menbalasnya dengan balasan yang sempurna.

Secara akal pun, setiap orang bertanggung jawab atas perbuatannya masing-masing. Dan hasil dari perbuatannya akan kembali pada dirinya sendiri. Akankah kita akan mendapatkan sesuatu dengan duduk dan berkhayal?

Jika tiga prinsip Islam ini benar-benar diyakini, maka akan memberi pengaruh yang besar pada kondisi psikologis seseorang. Ia akan memilih bangkit dan berusaha menuju kebaikan dari pada hanyut khayalan semu yang tidak menghasilkan apa-apa. Bila terpeleset dalam dosa, ia segera bertaubat dan memperbaiki dosa itu dengan kebaikan.

Keyakinan ini tidak hanya mempengaruhi semangat dalam urusan akhirat saja. Dalam urusan dunia pun, seorang mukmin tidak diperkenankan untuk menggantungkan dirinya kepada orang lain, lalu berharap merasakan hasil dari usaha orang. Setiap mukmin harus selalu giat dan berusaha dalam urusan dunia dan akhiratnya.

Dan pelajaran terakhir yang dapat kita ambil adalah : Kita tidak akan bertanggung jawab atas dosa orang lain, maka jangan sibuk untuk mengurusi hidup orang dan lalai dengan dosa-dosa kita sendiri.

Semoga bermanfaat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berlangganan ke Website via Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan artikel di website ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 142 pelanggan lain