Tiada Kehidupan Tanpa Saling Membantu !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.” (QS.Al-Ma’idah:2)

Kehidupan tidak akan berjalan tanpa adanya upaya saling tolong menolong antar manusia. Coba bayangkan, sesuatu yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari usaha ratusan orang yang pada akhirnya sampai ke tangan kita.

Contohnya pakaian yang kita pakai. Ada campur tangan petani kapas, penenun benang,  penjahit dan penjual dan lain sebagainya.

Kita merasa kuat dihadapan musuh tentu karena ada banyak penolong yang siap membantu dan menjaga kita.

Karena itu kehidupan masyarakat ini tidak lain adalah saling bantu antar manusia untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Baik kebutuhan materi dan kebutuhan jiwa seperti ketenangan hati dan lain sebagainya.

Selain memberi ketenangan pada jiwa, saling bantu membantu ternyata menghilangkan kesombongan dalam hati. Karena kita sadar bahwa kita tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

Saling membantu adalah sarana terbaik untuk membangun persatuan dan menjalin keterikatan hati diantara kita. Karena itulah Allah menjadikan rasa saling membantu itu menjadi naluri manusia. Maka tidak seorang pun yang dapat menjalani rintangan kehidupan tanpa bantuan orang lain.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY