Khazanahalquran.com – Perumpamaan takwa dengan pakaian adalah perumpamaan yang sangat tepat dan penuh makna. Allah swt berfirman,

يَابَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُون

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS.al-A’raf:26)

Apa saja persamaan takwa dengan pakaian tubuh kita?
1. Pakaian melindungi tubuh dari panas, dingin dan berbagai bahaya yang mengenai tubuh. Sementara ketakwaan juga melindungi jiwa kita dari berbagai keburukan dan kecelakaan.

2. Pakaian menutupi aurat dan kehormatan kita. Begitupulla ketakwaan juga menutupi aib-aib manusia.

3. Pakaian adalah hiasan manusia. Begitupula ketakwaan adalah sumber keindahan bagi seseorang bahkan menjadi hiasan yang terbaik dan termahal. Takwa akan menaikkan derajat seseorang dan menambah wibawa serta kebijaksanaan.

Kemudian Allah menutup ayat ini dengan firman-Nya, “Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

Penutupan ayat tersebut memberi pelajaran bahwa pakaian tubuh maupun pakaian takwa adalah tanda-tanda Kebesaran Allah agar manusia selalu mengingat nikmat-nikmat-Nya.

Semoga pakaian ketakwaan menjadi bekal yang akan menemani kita dalam menghadapi kesulitan dunia hingga kesulitan akhirat kelak.

Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY