Khazanahalquran.com – Salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di masyarakat adalah dengan berkata yang baik. Allah berfirman:

وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُواْ الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ -٥٣-

Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sungguh, setan itu (selalu) menimbulkan perselisihan di antara mereka.”

(Al Isra’ 53)

Cara bertutur kata yang baik sangat ampuh untuk menyelesaikan berbagai masalah. Karena setan selalu ingin membuat permusuhan diantara manusia. Bahkan dalam debat kita bukan hanya disuruh untuk berkata baik, tapi harus berkata yang terbaik. Itu semua karena banyaknya permusuhan terjadi hanya karena urusan lisan.

Bahkan Islam sendiri tidak hanya unggul karena argumentasi dan dalil yang kuat. Kesuksesan Nabi Muhammad saw bukan hanya karena kepintarannya dalam berbicara atau kehehebatannya dalam orasi. Yang terpenting dari semua itu adalah etika dan akhlak. Sebenarnya keberhasilan dakwah Rasulullah juga ditentukan oleh akhlak beliau. Etika dalam berbicara membuat hati masyarakat tersentuh untuk menerima cahaya Islam.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ -١٥٩-

“Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.”

(Ali Imran 159)

Padahal kita sama-sama tau bahwa dalil yang dimiliki Rasulullah adalah dalil yang terkuat. Namun semua dalil itu akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan Akhlak beliau. Tanpa akhlak yang baik, masyarakat akan lari dari Rasulullah saw.

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ -٤-

“Dan sesungguhnya engkau benar-benar, berbudi pekerti yang luhur.”

(Al Qalam 4)

Komentar

LEAVE A REPLY