Seri Nabi Yunus as : Tahukah Anda Awal Kisah Nabi Yunus?

Khazanahalquran.com – Siapa yang tak mengenal nabi Yunus as? Seorang nabi yang pernah hidup di dalam perut ikan paus yang besar. Andai kisah ini tidak dikisahkan oleh Al-Qur’an tentu akal tidak mampu menerimanya.

Didalam kisah yang penuh keajaiban ini, banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil. Dan kali ini kita akan merenungkan satu per satu pelajaran dari kisah ini dalam Seri Nabi Yunus as.

Awal Mula Kisah Nabi Yunus as

Bagaimana awal dari kisah Nabi Yunus as. Bagaimana beliau bisa masuk ke perut ikan?

Allah swt berfirman,

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah..” (QS.al-Anbiya’:87)

Inilah awal kisahnya. Diceritakan bahwa Nabi Yunus as telah berdakwah kepada kaumnya dalam waktu yang cukup lama. Tapi mereka malah berpaling dan mencampakkan utusan Allah ini. Hingga suatu saat Nabi Yunus meninggalkan kaum itu sebelum meminta izin kepada Allah swt. Karena beliau menyangka bahwa kaumnya tidak akan beriman kepada-Nya.

Petikan ayat selanjutnya menceritakan,

فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ

“Lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya.” (QS.al-Anbiya’:87)

Yunus berpikir bahwa Allah tidak akan memperingatkannya atas apa yang beliau lakukan.
Karena yang dilakukan beliau sebenarnya bukan pelanggaran, tetapi beliau sedang memilih yang baik dan meninggalkan yang lebih baik yaitu dengan menanti izin dari Allah. Kemudian dalam waktu yang singkat Allah segera memberi teguran kepada Nabi Yunus as.

Hari itu beliau naik kapal bersama beberapa rombongan. Di tengah malam yang gelap, ditengah lautan yang luas, tiba-tiba ombak mulai bergejolak. Ditengah kepanikan itu mereka memutuskan untuk mengurangi jumlah penumpang untuk meringankan beban kapal. Tapi siapa yang harus turun? Akhirnya undian pun dimulai.

Setelah tiga kali ketukan, nama Yunus muncul. Terpaksa beliau harus meloncat ke lautan (laut)di tengah gelapnya malam. Disinilah kisah abadi beliau dimulai.

Ketika Yunus as meloncat, tubuh beliau ditelan oleh ikan yang sangat besar. Dan akhirnya kisah ini menjadi abadi didalam Al-Qur’an.

Dan sekarang kita akan mulai menyingkap satu demi satu pelajaran dari kisah abadi ini :

1. Dalam hidup kita, tanamkan prinsip yang paling umum, yaitu : “Jika kita melanggar aturan Allah atau melangkah sebelum mendapat izin dari Allah maka bersiaplah untuk mendapatkan akibatnya.”

Karena Allah berfirman,

مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ

“Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi balasan dengan kejahatan itu.” (QS.an-Nisa’:123)

2. Dan yang mengherankan, setelah Yunus selamat dari perut ikan, beliau mendapati kaumnya telah beriman kepada Allah swt. Maka “Jangan pernah putus asa atas hidayah Allah kepada seseorang, walau ia menolak ataupun pendosa.”

3. Dalam kejadian terpilihnya nama Yunus sebagai yang diturunkan dari kapal ada pelajaran yang penting. “Yaitu terkadang kita mengalami kondisi yang sangat tidak kita inginkan, tapi pada akhirnya kondisi itu menjadi kebaikan besar dalam hidup kita.”

4. Tentang hukuman Allah ketika kita berbuat maksiat. Coba lihatlah fenomena ini dengan pikiran positif. “Bahwa Allah ingin mensucikan kita bukan ingin menyiksa atau menyakiti kita.”

Masih banyak lagi pelajaran yang dapat kita petik dari kisah agung ini. Simak kelanjutannya dalam Seri Nabi Yunus as selanjutnya.

Komentar

LEAVE A REPLY