Seri Anbiya’ : Para Nabi Selalu Menepati Janji !

Khazanahalquran.com – Masih dalam seri para nabi di bulan maulid, kali ini kita akan mengkaji sifat ketiga bagi para nabi dalam Al-Qur’an yaitu selalu menepati janji dan menjaga perjanjian yang telah disepakati.

Allah berfirman,

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِسْمَاعِيلَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا

“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.” (QS.Maryam:54)

Seluruh nabi selalu menepati janjinya bahkan kepada musuh sekalipun. Dan yang terdepan adalah nabi kita Muhammad saw. Terbukti dengan berbagai perjanjian yang disepakati dan tak pernah sekalipun beliau langgar.

Seperti dalam perjanjian Hudaibiyah, nabi selalu konsisten untuk menjaga kesepakatan itu walau kepada kaum musyrikin. Dan akhirnya musuh lah yang melanggar perjanjian itu sendiri.

Bahkan sebelum menjadi nabi beliau telah dikenal sebagai orang yang selalu menepati janji. Suatu hari Rasulullah bersepakat untuk bertemu seseorang di suatu tempat. Di hari yang ditentukan beliau datang tepat waktu bahkan menanti dalam waktu yang lama.

Sejarah para nabi ini menjadi pesan bagi umatnya bahwa sebagai pengikut nabi harus menjaga perjanjian yang telah disepakati, dengan siapapun. Al-Qur’an pun selalu berpesan,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُود

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad (perjanjian) itu.” (QS.al-Ma’idah:1)

Bahkan ketika menyebut tentang orang-orang baik, salah satu syaratnya adalah menepati janji.

وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا

“Dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji.” (QS.Al-Baqarah:177)

Para nabi selalu mengajak untuk menepati janji. Karena melanggar janji bukanlah hal yang sepele. Bahkan salah satu sifat dari orang-orang munafik adalah

إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ

“Jika berjanji ia mengingkari.”

Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang terbiasa mengingkari janji.

Komentar

LEAVE A REPLY