Seri Anbiya’ : Dahsyatnya Cinta Para Nabi kepada Umatnya.

Khazanahalquran.com – Kembali dalam seri sifat-sifat para nabi dalam Al-Qur’an. Kali ini kita akan menengok pada ayat-ayat yang menceritakan bagaimana para nabi menyampaikan risalah Allah dengan penuh cinta dan harapan agar umatnya selamat.

Para nabi bukan petugas yang hanya menyelesaikan tugasnya lalu selesai. Mereka benar-benar ingin menyelamatkan umat dari lubuk hati yang terdalam. Allah berfirman,

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنَا لَكُمْ نَاصِحٌ أَمِينٌ

“Aku menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasehat yang terpercaya bagimu”. (QS.al-A’raf:68)

Bahkan beberapa kali kita temukan “teguran” Allah kepada Rasulullah saw untuk tidak terlalu bersedih ketika melihat umatnya yang menolak untuk mengikuti kebenaran.

لَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ أَلَّا يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ

“Boleh jadi kamu (Muhammad) akan membinasakan dirimu, karena mereka tidak beriman.” (QS.asy-Syuara’:3)

فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ

“Maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka.” (QS.Fathir:8)

Di kala itu Rasulullah saw menyimpan kesedihan yang begitu dalam melihat umat yang mendustakan kebenaran. Hingga Allah memberi teguran agar kesedihan itu tidak membinasakan beliau.

Tentu teguran Allah ini bukan berarti cinta nabi lebih besar dari cinta Allah kepada hamba-Nya, namun teguran ini ingin menjelaskan tingginya kedudukan Rasulullah dan besarnya cinta beliau kepada umat.

Dalam sebuah riwayat disebutkan pernah suatu waktu Rasulullah saw menangis sepanjang malam sambil mengulang-ulang firman Allah,

إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ ۖ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS.al-Ma’idah:118)

Para nabi tidak pernah basa-basi dalam cintanya kepada umat. Bahkan mereka rela mengorbankan apa yang mereka miliki demi selamatnya umat dari kesesatan.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY