Khazanahalquran.com – Ibnu Mas’ud meriwayatkan bahwa ada satu ayat yang disebut oleh Rasulullah saw sebagai ayat yang mencakup seluruh kebaikan dan keburukan. Ayat ini sering kita dengar dalam khutbah Jum’at, Allah berfirman,

إِنَّ اللّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاء ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya Allah Menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia Melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia Memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS.an-Nahl:90)

 

Dalam ayat ini, Allah memberi tiga perintah kebaikan dan tiga larangan keburukan.

Tiga perintah kebaikan itu adalah :

1. Berbuat adil (العدل)

Berbuat adil adalah memperlakukan manusia sebagaimana mestinya dan memberikan hak-hak mereka dengan tepat. Sebagian yang lain mengartikan keadilan adalah “meletakkan sesuatu pada tempatnya.”

 

2. Berbuat ihsan (الإحسان)

Al-ihsan adalah perbuatan yang mencakup seluruh kebaikan. Singkatnya, orang yang berbuat baik adalah seorang yang menyumbangkan tenaga, harta atau apapun yang ia miliki untuk jalan kebaikan.

 

3. Membantu orang lain (yang ditekankan disini adalah berbuat baik pada kerabat terdekat) (وإيتاء ذي القربى)

Membantu orang lain adalah bagian dari al-ihsan (kebaikan), tapi poin ini disebutkan secara khusus karena begitu besarnya kemuliaan dan keagungan membantu orang lain.

 

Dan tiga larangan keburukan dalam ayat ini adalah :

1. Perbuatan keji (الفحشاء)

Perbuatan keji itu seperti zina, homoseksual, meminum khamr, berjudi, berdusta dan lain sebagainya. Dan yang paling menonjol adalah perbuatan zina,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS.al-Isra’:32)

 

2. Kemunkaran (المنكر)

Perbuatan munkar adalah seluruh perbuatan yang melanggar atau menyalahi akal dan syariat.

 

3. Permusuhan (البغي)

Yang dimaksud al-baghyu adalah perbuatan menyerang atau menyakiti manusia dengan perkataan ataupun perbuatan. Dan Allah sangat membenci perbuatan ini karena orang yang melakukannya sedang merampas hak Allah dan hak manusia sekaligus.

Kemudian Allah menutup ayat ini dengan firman-Nya, “Dia Memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”

Yakni Allah dengan tiga perintah dan larangan diatas, Allah ingin menjadikan manusia menjadi orang-orang yang bersih dan bertakwa. Karena itulah ayat ini disebut sebagai ayat yang mencakup seluruh kebaikan dan keburukan.

Semoga bermanfaat !

Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY