Penilaian Manusia Tidak Akan Menggoyahkan Seorang Mukmin !

Khazanahalquran.com – Salah satu penyebab sering terjadinya kegagalan dan sering terhentinya sebuah program adalah kurangnya apresiasi dan penghargaan. Ya, manusia butuh dihargai usaha dan kerja kerasnya agar ia semakin terpacu untuk bekerja lebih baik.

Tapi logika ini berbeda dengan logika seorang mukmin. Penghargaan dan penilaian manusia tidak menggoyahkan tekad mereka. Orang-orang yang baik tidak merasa rugi walaupun manusia menganggap mereka orang yang buruk. Bagi mereka cukup Allah yang tahu dan menilai bagaimana mereka sebenarnya.

إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang Paling Mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya; dan Dialah Yang Paling Mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS.al-Qalam:7)

Jika kita berada di jalan Allah dan menjalani apa yang diinginkan-Nya maka tak penting apa yang dikatakan manusia. Biarkan mereka sibuk berkomentar sementara harapan kita hanyalah kerelaan-Nya.

Tapi ingat, tidak peduli dengan penilaian manusia bukan berarti menjadikan kita seenaknya. Karena jika kita benar-benar mengikuti jalan Allah maka pasti kita akan menjadi orang yang paling baik akhlaknya, paling jujur perkataannya dan paling perhatian atas kondisi sekitarnya.

Tak usah pedulikan apa yang dikatakan mereka, cukup Allah sebagai saksi dibalik amal perbuatan kita.

Semoga kita menjadi orang-orang yang ikhlas dijalan-Nya.

Komentar

LEAVE A REPLY